The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ini Alasan Kenapa Langsung Buka Handphone setelah Bangun Tidur Bikin Harimu Tak Semangat
Ilustrasi buka handphone setelah bangun tidur. (freepik)
Life

Ini Alasan Kenapa Langsung Buka Handphone setelah Bangun Tidur Bikin Harimu Tak Semangat

Picu stres.

Kamis, 20 Januari 2022 15:44 WIB 20 Januari 2022, 15:44 WIB

INDOZONE.ID - Tidak sedikit di antara kita bangun tidur langsung buka handphone, entah itu hanya untuk balas chat WhatsApp, buka media sosial atau bahkan membaca berita.

Terlepas dari manfaat handphone yang kamu miliki, ketika kamu bangun langsung buka handphone, hal tersebut justru dapat mempengaruhi tubuh dan pikiran kamu secara berlebihan.

Dilansir Times Now News, menurut sebuah studi penelitian dari IDC, sekitar 80 persen pengguna handphone memeriksa handphone mereka dalam waktu 15 menit setelah bangun tidur setiap pagi.

Baca juga: Daftar Tiga Orang yang Bangkit dari Kegagalan, Kini Menjadi Sangat Terkenal dan Memotivasi

Membuka handphone setelah bangun tidur akan membuat kamu stres dan meras kewalahan, karena kamu dibombardir dengan pesan baru, email, tugas, dan hal-hal lain yang memicu perasaan stres dan cemas.

Kondisi ini tentu membuat kamu jadi tidak bersemangat menjalani aktivitas sehari-hari, yang juga akan berdampak pada kinerja kamu baik itu di sekolah atau kantor.

Dilihat Indozone dari TikTok @insideofthepocket, dijelaskan bahwa pertama kali bangun tidur otak kita peralihan dari gelombang delta menuju gelombang theta, di mana otak kita sangat mudah meresapi sesuatu.

Jika pada momen ini kita buka media sosial atau membaca berita, beberapa hal negatif yang kita lihat atau baca di smartphone akan memicu stres dan gelisah sepanjang hari.

Itu artinya, 20 menit pertama kita setelah bangun tidur punya peran yang sangat berperan besar bagaimana kita menjalani hari-hari.

Jadi sebaiknya, setelah bangun tidur, cobalah untuk membuat rutinitas yang baik. Misalnya saja, gratitude practice, repeat positive affirmation, visualisasi seperti apa kita satu minggu ke depan atau berdoa dan meditasi.

Semoga kita semua bisa terlepas dari kebiasaan buka smartphone setelah bangun tidur, agar hidup yang kita jalani lebih indah dan bermakna.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Fitri
Abul Muamar

Abul Muamar

Editor
Fitri

Fitri

Writer
JOIN US
JOIN US