The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Mahasiswa Australia Punya Hak untuk Mengetahui Ukuran Kelas Sebelum Daftar ke Universitas
Ilustrasi kelas di Universitas. (Photo/Ilustrasi/Unsplash)
Life

Mahasiswa Australia Punya Hak untuk Mengetahui Ukuran Kelas Sebelum Daftar ke Universitas

Jumat, 12 November 2021 19:19 WIB 12 November 2021, 19:19 WIB

INDOZONE.ID - Mahasiswa merupakan seorang intelektual muda yang dipandang eksklusif oleh masyarakat. Bahkan, mahasiswa sering menjadi pandangan sebagai calon-calon penerus bangsa di sebuah negara.

Seperti aturan unik di Australia, di mana mahasiswa memiliki hak untuk mengetahui ukuran kelas sebelum mereka mendaftar ke sebuah universitas. 

Hak Mahasiswa Ketahui Ukuran Kelas

ukuran kelas
(Photo/Ilustrasi/Unsplash)

Dilansir dari The Conversation , Jumat (12/11/2021), hal ini karena banyak universitas di negara tersebut hanya menyediakan sedikit data terkait fasilitas umum yang ada.

Dari perspektif kebijakan, memiliki data yang andal dan tersedia tentang ukuran kelas adalah hal penting karena sejumlah alasan.

Pentingnya Informasi Ukuran Kelas

Pertama, ukuran kelas akan memberikan calon mahasiswa dengan informasi yang lebih bermakna tentang aspek kunci dari pengalaman belajar mereka di masa depan.

Kedua, ukuran kelas dapat berdampak pada hasil belajar mahasiswa dan tingkat kepuasan. Beberapa penelitian menunjukkan hasil mahasiswa menjadi lebih buruk karena kelas di universitas menjadi lebih besar.

Studi lain menjelaskan gambaran yang lebih kompleks. Ini menunjukkan efek peningkatan ukuran kelas pada prestasi mahasiswa berbeda secara substansial antara disiplin akademik. Itu juga tergantung pada demografi mahasiswa.

ukuran kelas mahasiswa
(Photo/Ilustrasi/Unsplash)

Namun, pada akhirnya tidak dapat disangkal bahwa kelas yang lebih kecil memberi mahasiswa akses yang lebih baik dan lebih banyak interaksi dengan dosen atau tutor mereka.

Ini sangat penting untuk kelas tutorial, yang dimaksudkan untuk memungkinkan interaksi tingkat tinggi. Masuk akal untuk mengasumsikan kelas tutorial yang lebih kecil memudahkan untuk memberikan umpan balik yang lebih rinci dan terarah kepada mahasiswa.

Ketiga, mempublikasikan informasi yang dapat dipercaya tentang ukuran kelas pada akhirnya akan mengarah pada pemahaman yang lebih baik tentang tren dan potensi dampaknya terhadap pengalaman belajar mahasiswa.

Bukti Ukuran Kelas Berpengaruh

hak mahasiswa Australia
(Photo/Ilustrasi/Unsplash)

Banyak bukti anekdot menunjukkan ukuran kelas universitas Australia telah meningkat secara dramatis selama beberapa dekade terakhir. 

Misalnya, ukuran kelas tutorial lebih dari 35 mahasiswa tidak jarang hari ini. Hanya satu dekade yang lalu batas atas 20 mahasiswa tampaknya telah menjadi norma.

Tidak mengherankan, angka-angka ini jauh dari seperti apa kelas tutorial sebelum pendidikan tinggi massal. Sebuah studi tahun 2017 menunjukkan universitas-universitas Inggris pada 1960-an, misalnya, memiliki kelas tutorial rata-rata hanya sekitar empat mahasiswa.

Gambaran di universitas-universitas Australia mungkin tidak akan terlalu berbeda mengingat kesamaan kedua sistem pendidikan tinggi ini.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
M. Rio Fani
JOIN US
JOIN US