The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Dear Cewek, Stres saat Menstruasi Bisa Diatasi dengan 'Self Healing'
Ilustrasi nyeri saat menstruasi. (Pexels/Andrea Piacquadio)
Life

Dear Cewek, Stres saat Menstruasi Bisa Diatasi dengan 'Self Healing'

Selasa, 12 April 2022 15:51 WIB 12 April 2022, 15:51 WIB

INDOZONE.ID - Stres pada kaum perempuan yang biasanya datang saat menstruasi ternyata bisa diatasi dengan metode self healing. Spesialis Kebidanan dan Penyakit Kandungan dr Bram Pradipta Sp.OG mengatakan, saat kondisi stres, produksi hormon-hormon pada tubuh menjadi terganggu, termasuk di antaranya hormon yang berperan dalam proses menstruasi, sehingga, akan sangat mugkin saat sedang stres, pola menstruasi jadi ikut terganggu.

Gangguan-gangguan yang muncul saat menstruasi tersebut bisa diatasi dengan self healing. Misalnya dengan menyempatkan waktu untuk me time, menghindari makanan pemicu inflamasi seperti dairy, kafein, daging merah dan alkohol.

Baca juga: Mengenal Endometriosis, Penyebab Nyeri saat Menstruasi yang Enggak Boleh Diabaikan

Perempuan yang sedang menstruasi juga bisa melakukan olahraga ringan untuk mencegah stres, kembung dan mengurangi nyeri perut. Yang tidak kalah penting adalah menjaga area kewanitaan selama menstruasi dengan rutin mengganti pembalut tiga jam sekali.

Para perempuan yang menstruasi juga disarankan memilih pembalut aman untuk kulit serta memiliki kandungan ekstrak bahan alami seperti daun sirih yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri agar tidak mudah lembab dan bau.

Pada event "Healing in Natural Cool Wonderland" yang diselenggarakan di Chakra Hall & Lounge BSD, Softex mengajak seratusan wanita milenial untuk healing sejenak setelah menjalani padatnya aktivitas.

Setelah talkshow bersama dr Bram Pradipta Sp.OG, para tamu diajak belajar membuat kerajinan tangan yang terbuat dari resin yakni suatu bahan getah tanaman bersifat cair atau kental yang dapat mengeras pada keadaan tertentu.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Dina
Abul Muamar

Abul Muamar

Editor
Dina

Dina

Writer
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US