The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Meditasi dan 3 Hal ini Dapat Meningkatkan Kecerdasan Emosional, Apa Saja?
Ilustrasi meditasi untuk memiliki kecerdasan emosional terbaik. (Freepik).
Life

Meditasi dan 3 Hal ini Dapat Meningkatkan Kecerdasan Emosional, Apa Saja?

Bisa kamu terapkan!

Minggu, 18 Oktober 2020 19:24 WIB 18 Oktober 2020, 19:24 WIB

INDOZONE.ID - Sebagai makhluk sosial, kamu perlu berinteraksi dengan orang lain agar bisa bertahan hidup. Interaksi dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, seperti ngobrol berdua dengan orang terdekat atau berbicara di depan umum.

Saat berinteraksi dengan orang lain, kamu perlu memiliki kemampuan emosional untuk mendukung kemampuan sosialmu.

Dengan adanya kemampuan emosional, kamu bisa lebih peka terhadap orang-orang di sekitar dan bisa menempatkan diri dengan sangat baik. Sehingga, mereka pun akan percaya dan merasa nyaman saat berinteraksi denganmu.

Kemampuan emosional bisa dimiliki sejak lahir karena dukungan dari lingkungan sekitar. Namun, kamu juga bisa meningkatkan kecerdasan emosional dengan melakukan hal-hal berikut ini.

1. Rutin melakukan meditasi

Tanpa kamu sadari, saat bertemu dengan orang baru, kamu akan memberikan penilaian secara tidak langsung pada orang tersebut. Penilaian ini dapat berupa perasaan suka, netral, atau tidak suka. Perasaan-perasaan ini bisa berpengaruh buruk bagi interaksi sosial, sehingga kamu perlu melatih diri agar yang muncul adalah perasaan netral saja.

Perasaan netral bisa kamu dapatkan dengan rutin melakukan meditasi agar pikiran dapat terlatih dengan baik. Kamu pun tidak perlu khawatir dikendalikan oleh emosi ketika berhadapan dengan orang lain.

2. Sering mengonsumsi hal-hal positif

Jika kamu sering melihat dan mendengar hal-hal positif, alam bawah sadar akan terbiasa dengan hal tersebut, sehingga yang muncul dari dalam dirimu adalah hal-hal positif juga.

Misalnya saja sering mendengarkan lagu dengan lirik yang positif atau musik klasik. Selain itu, kamu juga bisa sering membaca buku dan mengurangi bermain media sosial.

3. Berpikiran terbuka

Kamu harus berpikiran terbuka agar bisa menjadi seseorang yang cerdas secara emosional. Orang dengan pikiran terbuka selalu mau menerima masukan atau kritik tanpa pandang bulu.

Dengan pikiran terbuka, kamu selalu siap berinteraksi dengan siapa saja tanpa mudah tersulut emosi atau tersinggung. Kamu pun mudah berempati karena memiliki toleransi yang tinggi pada orang lain.

4. Berani berpendapat dan mampu bernegosiasi

Punya kemampuan bernegosiasi yang sangat baik adalah bagian dari kecerdasan emosional, sebab ia tahu kapan saat yang tepat untuk mengemukakan pendapat.

Orang dengan kecerdasan emosional tak memendam perasaan, namun perlu sedikit waktu sebelum berbicara. Kamu harus membiasakan diri untuk berpikir dulu sebelum bertindak, kemudian berbicara dalam keadaan tenang.

Artikel Menarik Lainnya:


TAG
Susi Fatimah
M Fadli
Dita Rana
M Fadli

M Fadli

Writer
Dita Rana

Dita Rana

Community Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US