Jangan Berlarut-larut, Ini Cara Jitu Hilangkan Perasaan Sedih
ilustrasi orang sedih (unsplash/Anh Nguyen)
Life

Jangan Berlarut-larut, Ini Cara Jitu Hilangkan Perasaan Sedih

Sabtu, 08 Februari 2020 14:42 WIB 08 Februari 2020, 14:42 WIB

INDOZONE.ID - Kehidupan yang dijalani manusia, tak selamanya bahagia dan menyenangkan sesuai dengan harapan. Terkadang, ada hal-hal yang membuat hati sedih dan terasa berat untuk dilalui.

Tak perlu khawatir, perasaan sedih adalah hal normal yang pernah dialami oleh semua orang, karena berbagai hal dan alasan.

Sedih sendiri adalah emosi naluriah yang dapat dirasakan oleh setiap orang. Perasaan ini dapat muncul ketika seseorang merasa kehilangan, kecewa, tidak berdaya dan putus asa terhadap sesuatu hal.

Tak hanya berdasarkan dari pengalaman pribadi, rasa sedih juga bisa muncul ketika melihat orang lain sedih bahkan sampai menangis. Apalagi jika orang tersebut memiliki rasa empati yang cukup tinggi.

Saat sedih melanda, setiap orang memiliki cara berbeda-beda untuk menghilangkannya. Mulai dari mengerjakan berbagai aktivitas, makan, belanja atau bahkan pergi liburan.

Beberapa orang ada juga yang memilih untuk meluapkan perasaan sedihnya dengan menangis. Bagi mereka, deraian air mata akan hilang membawa segudang masalah yang mendera.

Lantas, bagaimana sih cara jitu agar rasa sedih segera hilang dan tak bertahan lama di hati? Berikut ini ulasannya.

1. Renungkan hal yang membuatmu sedih

sedih
ilustrasi orang merenung (pexels.Tess Emily Seymour)

Sedih bahkan sampai menangis, adalah hal lumrah yang terjadi. Namun, sebaiknya jangan terjebak terlalu lama dalam perasaan tersebut. Setelah kondisimu membaik, cobalah renungkan hal apa yang sebenarnya membuatmu sedih.

Merenungkan hal yang membuatmu sedih, akan membuat perasaan sedih itu berkurang bahkan hilang. Namun, jangan sampai renungan itu berujung pada penghakiman diri sendiri.

2. Hadapi rasa sedih itu

sedih
ilustrasi orang sedih (pexels/Emre Kuzu)

Sebagian orang tak ingin terjebak dalam perasaan sedih terlalu lama. Alhasil, mereka mencoba menghindar dan melupakan perasaan itu begitu saja. Padahal, langkah terbaik yang harus dilakukan ialah menghadapinya.

Cobalah untuk sedikit menenangkan diri saat sedih, dan mulailah berpikir bijak untuk menghadapi kesedihan tersebut.

Tanamkan dalam pikiran, bahwa hidup tak selamanya sedih. Dibalik kesedihan tentu ada hikmah dan kebahagiaan yang menanti.

3. Ceritakan pada orang terpercaya

crutha
ilustrasi orang sedang curhat (unsplash/Trung Thanh)

Beberapa masalah yang terjadi tak bisa kita hadapi dengan sendirinya. Ketika masalah semakin memuncak dan tak sanggup untuk dipendam sendiri, cobalah untuk berbagi cerita dan meminta saran pada orang terpercaya.

Dengan begini, pikiran kita akan sedikit terbuka untuk menghadapi kesedihan yang kita rasakan. Pilihlah orang-orang yang tepat seperti orang tua, pasangan atau sahabat dekat sebagai media penyelesaian masalahmu.

4. Lakukan aktivitas favoritmu

sedih
mendengarkan musik adalah salah satu cara menghilangkan kesedihan (pexels/Kaboompics .com)

Langkah terbaik, agar hati tak terjebak dalam perasaan sedih yang berkepanjangan ialah melakukan berbagai aktivitas yang disukai.

Mulai dari berjalan-jalan ke taman, belanja, mendengarkan musik atau justru bereksperimen dengan membuat berbagai menu masakan.

Melakukan berbagai aktivitas favorit saat hati sedih akan membuatnya hilang perlahan dan berganti dengan senyuman.

5. Curahkan semua kesedihan lewat tulisan

nulis
ilustrasi orang menulis isi hatinya (pexels/picjumbo.com)

Selain bercerita pada orang terpercaya, kita dapat menghilangkan kesedihan dengan menulisnya di buku harian atau catatan.

Tuangkan segala kesedihan dan banyak hal yang dihadapi di buku harian tersebut. Dengan menulis, maka kesedihan dan kekecewaan bisa hilang perlahan-lahan. Selamat mencoba!

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Putri
Zega

Zega

Editor
Putri

Putri

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU