Sebagai seorang pekerja profesional, sudah seharusnya kita memerhatikan etika baik di tempat kerja.
Dalam dunia kerja, kita harus benar-benar menjaga citra diri sebaik mungkin. Apa yang biasa kita lakukan di luar, tidak bisa disamakan ketika di kantor.
Etika baik di tempat kerja sangatlah penting. Tak hanya membangun hubungan baik dengan orang-orang di kantor, tapi juga dapat meningkatkan kariermu.
Etika Kerja Profesional di Kantor
Nah, bicara soal etika baik dalam bekerja, bukan cuma tentang cara bersikap dan berinteraksi dengan sesama rekan saja.
Lebih dari itu, ada beberapa etika lain yang perlu diperhatikan seorang karyawan di tempat kerja.
Berikut ulasannya dirangkum Indozone dari berbagai sumber:
1. Datang On Time Setiap Hari
Tepat waktu merupakan prinsip baik di manapun berada, termasuk di tempat kerja. Ketepatan waktu mencerminkan seberapa disiplin kamu.
Selain itu, kebiasaan datang on time setiap hari akan memberikan efek positif. Di satu sisi, kamu akan menjadi panutan bagi rekan kerja lainnya.
2. Pakailah Busana yang Pantas
Hal penting yang harus diterapkan oleh seorang pekerja adalah berpakaian yang pantas, sopan, dan rapi.
Jangan sampai, kamu mengenakan pakaian yang 'kurang bahan' alias terbuka ya. Lebih baik overdress daripada underdress.
Kamu juga harus cerdas memilih busana kerja. Ingat ya, ini ke kantor loh, bukan mau pergi ke mall atau hangout. Jadi harus disesuaikan, guys!
Karena kamu harus ingat, busana yang kamu kenakan merupakan cerminan dirimu sendiri.
3. Hindari Bergosip pada Sesama Rekan Kerja
Saat jam makan siang, bergosip nampaknya menjadi semacam kebiasaan yang sulit dielakkan bagi para pekerja. Apalagi, kalau makan rame-rame.
Nah, ini tantangan besar, terutama buat wanita yang terlalu banyak ngobrol atau bergosip. Eh tapi, tidak menutup kemungkinan bagi para pria loh.