The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Apa Itu Ekstrovert? Kenali Pengertian, Karakteristik, dan Kelebihannya
Ilustrasi seorang extrovert yang periang (freepik.com)
Life

Apa Itu Ekstrovert? Kenali Pengertian, Karakteristik, dan Kelebihannya

Seorang ekstrovert sangat aktif di kehidupan sosial

Rabu, 27 Juli 2022 14:58 WIB 27 Juli 2022, 14:58 WIB

INDOZONE.ID - Setiap orang di dunia memiliki kepribadian yang berbeda-beda, tergantung dari bagaimana seseorang tersebut bertumbuh dan berkembang. Dua kepribadian yang umum untuk dikenali adalah, introvert dan ekstrovert. 

Seorang yang introvert dikenal dengan kepribadian yang cenderung memproses segala sesuatunya sendiri dan tidak terlalu suka berada dalam lingkup ramai. 

Sedangkan ekstrovert adalah sebaliknya, yakni menyukai kegiatan yang aktif dan mengembalikan energi dengan cara bersosial. Namun, ekstrovert tak dapat dikenal hanya sebatas hal tersebut saja. Jadi, apa itu ekstrovert? Simak ulasannya berikut ini. 

Apa Itu Ekstrovert? 

apa itu ekstrovert
Ilustrasi orang-orang extrovert (freepik.com)

Seseorang yang memiliki kepribadian ekstrovert didefinisikan sebagai seseorang yang outgoing, energik, dan senang untuk bersosial dengan sekitarnya. 

Seorang ekstrovert merasa sumber energinya kembali hanya dengan melakukan interaksi dengan banyak orang. Ini juga menjadi sesutau yang membuat seorang ekstrovert merasa senang karena berada dalam keramaian. 

Dalam hal ini, keramaian yang diinginkan seorang ekstrovert tentu keramaian yang dapat membuat dirinya merasa didengar dan dihargai. 

Karakteristik Orang Ekstrovert

apa itu ekstrovert
Ilustrasi orang-orang extrovert (freepik.com)

Seorang ekstrovert dikenal sebagai tipe yang dominan. Oleh karenanya, karakteristik kepribiadian ini cukup aktif dan atraktif, hal tersebut ditandai dengan karakteristik ekstrovert berikut ini. 

1. Berenergi 

Orang yang memiliki kepribadian ekstrovert dikenal dengan sifatnya yang selalu ceria dan suka berbicara. Energi yang cukup banyak ini seringkali dibagikan kepada kegiatan atau aktivitas yang berguna, seperti menjadi suka relawan atau content creator. 

2. Mudah bosan saat sendiri 

Sebagaimana simpanan energi yang banyak yang dimiliki orang ekstrovert, maka mereka akan mudah bosan bila ditinggalkan sendiri. Hal ini karena karakter outgoing dan suka berbicara tidak bisa terealisasi dengan baik. Oleh karenanya, ekstrovert lebih suka dikelilingi banyak orang. 

3. Berjiwa petualang 

Dilansir dari hellosehat, seorang yang ekstrovert cenderung berjiwa petulang. Dalam hal ini, jiwa petualang yang dimaksud adalah mereka suka mencoba hal baru yang belum pernah diketahui sebelumnya. 

Tak hanya hal baru, bertemu orang baru dan mengenalnya lebih dekat juga menjadi sumber kebahagiaan seorang ekstrovert. 

4. Asertif

Sebagai orang yang suka berbicara, ekstrovert juga ditandai dengan karakter yang asertif atau tegas. Dalam hal ini, seorang ekstrovert seringkali dengan mudahnya mengemukakan pendapat dengan cukup berani. Apalagi jika ada hal yang tak membuatnya nyaman. 

Kelebihan Menjadi Ekstrovert

apa itu ekstrovert
Ilustrasi orang-orang extrovert (freepik.com)

Menjadi seorang ekstrovert tentu memiliki kelebihannya sendiri, seperti menjadi mudah berteman, mudah antusias dalam mencoba hal baru, memiliki komunikasi yang baik, dan juga jujur tentang perasaan mereka. 

Tak jarang, seorang ekstrovert juga menjadi pemimpin. Ini karena keberanian mereka dan karakteristiknya yang outspoken dan suka bekerja sama dengan orang lain. 

Itulah ulasan mengenai apa itu ekstrovert. Pada dasanya, meskipun seorang ekstrovert lebih mudah bergaul, tidak menjadikan kehidupan seorang ekstrovert lebih mudah dari introvert. 

Menjadi seorang ekstrovert juga bukan berarti tak bisa bersedih atau tidak bisa sendiri. Ketika orang ekstrovert merasa demikian mereka akan mencari cara untuk recharge dirinya dalam keramaian, seperti berkunjung ke kafe atau tempat ramai lainnya sendiri. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ikhsan
Ainal Zahra Nabila
JOIN US
JOIN US