The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Indahnya Toleransi! Di Kota Ini Masjid dan Gereja Satu Tembok dan Satu Alamat
Masjid dan gereja berada dalam satu alamat (Is Ariyanto/Z Creators)
Life

Indahnya Toleransi! Di Kota Ini Masjid dan Gereja Satu Tembok dan Satu Alamat

Rabu, 06 Juli 2022 10:22 WIB 06 Juli 2022, 10:22 WIB

INDOZONE.ID - Di Kota Solo, Jawa Tengah, ada dua tempat ibadah yang letaknya berdampingan, bahkan satu alamat, satu halaman sampai satu tembok. Dua bangunan tersebut adalah Gereja Kristen Jawa (GKJ) Joyodiningratan dan Masjid Al-Hikmah. Keduanya terletak di Jalan Gatot Subroto no 222, Solo.

Menjulang di langit, lambang masing-masing tempat ibadah, bulan sabit bintang berdiri di atas kubah hijau masjid dan salib besar berdiri di atap gereja.

masjid dan gereja di solo
Simbol masjid dan gereja menjulang berdampingan (Is Ariyanto/Z Creators)

Sebagai simbol kerukunan dan kebersamaan antar pengurus masjid dan pengurus gereja maka dibangunkan monumen tugu lilin setinggi sekitar 1,5 meter yang berada di antara tembok kedua tempat ibadah tersebut.

masjid dan gereja satu tembok
Tugu lilin simbol dua rumah ibadah (Is Ariyanto/Z Creators)

Sejarah singkatnya gereja didirikan di atas tanah milik Haji Zaini yang dibeli sejumlah umat Kristen asal Danukusuman, Solo kemudian sisa sebidang tanah milik Haji Zain tersebut diwakafkan untuk dibangun musala. GKJ Joyodiningratan didirikan pada 1939 sedangkan Masjid Al-Hikmah yang dulu masih musala didirikan pada 1947.

Berkat koordinasi, komunikasi dan kerja sama di antara kedua pengurus, enggak pernah sekalipun terjadi benturan atau konflik di sini.

“Toleransi yang sangat besar, yang ditunjukkan masjid dan gereja ini, mestinya bisa ditiru sampai sekarang,” kata Muhammad Nasir, Ketua Pengurus Masjid Al Hikmah, kepada Tim Z Creators, Is Ariyanto.

Enggak heran kalau banyak pemuka agama dari dalam dan luar negeri seperti Malaysia dan Inggris yang datang ke tempat ibadah ini untuk melihat dari dekat simbol kerukungan beragama di Kota Solo.

masjid dan gereja satu tembok
Ditetapkan sebagai cagar budaya (Is Ariyanto/Z Creators)

Pemerintah Kota Solo sendiri telah menetapkan  Gereja Kristen Jawa (GKJ) Joyodiningratan dan Masjid Al-Hikmah sebagai Cagar Budaya Kerukunan Umat Beragama.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators

TAG
Rini Puspita
Is Ariyanto
Is Ariyanto

Is Ariyanto

Community Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US