The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Nyesek Guru Honorer di Lampung Diupah Cuma Rp 118 Ribu Per Bulan, Netizen Tak Percaya
Screenshot amplop dan daftar gaji yang dibagikan. (Foto/Instagram)
Life

Nyesek Guru Honorer di Lampung Diupah Cuma Rp 118 Ribu Per Bulan, Netizen Tak Percaya

Sabtu, 14 Mei 2022 21:05 WIB 14 Mei 2022, 21:05 WIB

INDOZONE.ID - Seorang guru honorer memperlihatkan upah yang diterimanya selama sebulan mengabdi sebagai tenaga pendidik. Tak disangka, upah yang diterimanya cuma sebesar Rp 118 ribu.

"Alhamdulillah, ini aku dapat honor ngajar bulan april, dapat Rp 118 ribu," kata narasi video yang dibacakan seperti yang dikutip Indozone, Sabtu (14/5/2022).

Seperti yang tertera dalam amplop, penerima gaji tersebut berinisial HS. Diketahui sebagai tenaga honor pengajar di sekolah MTs di Sumberejo.

Berdasarkan data website Kemenag, sekolah MTSS Sumberejo merupakan madrasah swasta yang berada di Jl Sinar Pabean, Sumberejo, Tanggumas, Provinsi Lampung.

Berdasarkan rincian yang dibagikan akun Instagram Insta_nyinyir, guru honorer itu mendapatkan 8 kali masuk mengajar selama empat minggu.

Sementara itu hitungan mengajar cuma diupah sebesar Rp 4 ribu per jam.  Hingga upahnya sebulan cuma dihargai Rp 32 ribu.

Ini ditambah dengan honor tetap karena kehadiran ke sekolah sebesar Rp 96 ribu. Sehingga upah bersih yang diterima guru honor itu sebesar Rp 118 ribu.

"Nyesek banget ya, gaji guru horoner 118 ribu dengan rincian 8 kali masuk di 4 minggu dengan hitungan Rp 4.000 perjam," tulis akun Instagram nyinyir_update_official.

Kontan saja kenyataan pahit yang harus diterima guru honor ini pun banyak mendapat respon dari warganet. Mereka tidak percaya upah guru dihargai segitu.

"Nih gila gila amat ngatur anggaran 1 jam 4ribu," tulis pemilik akun Instagram.

"Untuk guru jangan main2 sih gajinya, masa depan bangsa tu dimereka aih. mendidik anak2 itu susah banget, kadang bingung sm hati guru honorer tu ikhlas2 bangeet salut. Semoga Allah membalas segala kemudahan rejeki dari arah lain aamiin," balas yang lain.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US