Banyak perusahaan yang mengambil kebijakan kerja dari rumah bagi karyawannya, guna memutus penyebaran virus corona baru yang saat ini sedang mewabah. Tentunya kebijakan tersebut harus disikapi bijaksana oleh para karyawan.
Bekerja dari rumah memang memberikan tantangan tersendiri bagi karyawan. Suasana yang berbeda dari kantor mungkin saja dapat menghambat produktivitas.
Oleh karenanya, untuk menjaga produktivitas, ada beberapa kebiasaan di kantor yang perlu diterapkan di rumah. Berikut ulasannya seperti yang dirangkum dari New York Post:
1. Rapat Melalui Video Call
Walaupun bekerja dari rumah, koordinasi antarkaryawan tetap diperlukan. Alih-alih mengandalkan pesan teks, tidak ada salahnya para karyawan melakukan briefing atau rapat lewat video call. Banyak pula aplikasi yang sudah menyediakan layanan konferensi video. Dengan begitu, koordinasi dapat tersampaikan dengan lebih baik. Sebab tak jarang maksud dari pembicaraan diterjemahkan berbeda ketika membacanya dalam bentuk teks atau mendengar langsung.
2. Berpakaian Seperti Mau ke Kantor
Bekerja dari rumah membebaskan karyawan untuk mengenakan pakaian apapun. Tapi sebenarnya karyawan tidak akan menjadi produktif atau menganggap pekerjaannya serius kalau bekerja sambil mengenakan piyama maupun baju santai lainnya. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk tetap mengenakan pakaian kerja agar produktivitas tidak terganggu.
3. Buat Jam Kerja
Saat bekerja dari rumah, karyawan memang bebas menentukan waktu untuk memulai atau menyelesaikan tugas-tugasnya. Tapi jangan sampai karyawan terlena sehingga lebih banyak beristirahat daripada bekerja. Untuk itu, tetap buat jam kantor dan ungkapkan batasan tersebut dengan orang-orang yang ada di rumah. Tujuannya agar mereka tidak menganggu ketika karyawan sedang bekerja.
4. Tentukan Area Kerja
Selain membuat jam kerja, tentukan area kerja di rumah. Siapkan meja kerja dan alat-alat lain yang dibutuhkan. Dengan begitu, walaupun kerja di rumah, suasananya tetap seperti di kantor. Jadi karyawan tetap merasa dituntut untuk menyelesaikan pekerjaan dengan sebaik-baiknya.