The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Banyak Dipertanyakan, Kapan Sebenarnya Tanggal Kelahiran Yesus Kristus?
Ilustrasi kelahiran Yesus Kristus. (Rubrikkristen.com)
Life

Banyak Dipertanyakan, Kapan Sebenarnya Tanggal Kelahiran Yesus Kristus?

Ini penjelasannya.

Minggu, 12 Desember 2021 14:58 WIB 12 Desember 2021, 14:58 WIB

INDOZONE.ID - Bagi umat Kristiani, perayaan Natal setiap tanggal 25 Desember adalah perayaan hari ulang tahun Yesus Kristus yang merupakan Tuhan pemberi kasih dan sayang kepada umat manusia.

Namun, banyak yang menyangka bahwa perayaan Natal setiap tanggal 25 bukanlah merayakan kelahiran Yesus Kristus lantaran ia tidak lahir pada tanggal tersebut. Beberapa berpendapat, tanggal 25 Desember mungkin dipilih karena dekat dengan Saturnalia, festival Romawi untuk merayakan dewa Saturnus.

Baca Juga: Deretan Peristiwa Natal 25 Desember: Dari Perayaan Pertama Sampai Pendirian Kota Natal

Anggapan semula mengenai tanggal 25 Desember sebagai hari lahir Yesus bermula sejak abad keempat, lebih dari 300 tahun setelah kelahirannya, dikutip Livescience.

Sebuah catatan kuno juga menunjukkan bahwa orang Kristen awalnya tidak pernah menyepakati tanggal kelahiran Yesus. Bahkan dewasa ini banyak orang Kristen Ortodoks yang merayakan ulang tahun Yesus setiap tanggal 6 atau 7 Januari.

Hingga diambil lah kesimpulan akhirnya, bahwa masih belum diketahui pasti kapan tanggal kelahiran Yesus. Bahkan tahun yang tepat untuk kelahiran tersebut juga masih tidak pasti, meskipun para pendeta dan ahli agama setuju bahwa itu sekitar 4 sebelum masehi.

TAG
M Fadli
Abdul Fattah
M Fadli

M Fadli

Editor
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US