The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Cara Menghilangkan Rasa Malas Beribadah Menurut Islam
Ilustrasi cara menghilangkan rasa malas beribadah (ferlistockphoto)
Life

Cara Menghilangkan Rasa Malas Beribadah Menurut Islam

Jumat, 23 April 2021 22:40 WIB 23 April 2021, 22:40 WIB

INDOZONE.ID - Sholat merupakan ibadah yang paling utama dan mendasar dalam Islam. Perintah sholat diturunkan langsung oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW untuk seluruh umat Muslim.

Karena kedudukan sholat sangat penting, maka sholat disebut sebagai tiang agama. Seperti yang disebutkan Rasulullah dalam sabdanya:

“Sholat itu adalah tiang agama (Islam), maka barangsiapa mendirikannya sungguh ia telah mendirikan agama; dan barangsiapa meninggalkannya, maka sungguh ia telah merobohkan agama." (HR. Baihaqi)

Namun, ternyata ada beberapa hal yang menjadi penyebab malas beribadah yaitu kurangnya ilmu, lemahnya iman, keinginan yang berlebihan, dan makanan yang syubhat.

Cara Menghilangkan Rasa Malas Beribadah

Untuk mengatasi kondisi malas beribadah, berikut ini Indozone bagikan cara menghilangkan rasa malas beribadah sholat 5 waktu bagi umat Islam.

1. Perbanyak Istigfar


mengatasi kondisi malas beribadah
Ilustrasi istigfar (photo/istock/delihayat)

Cara pertama yang bisa menghilangkan rasa malas beribadah adalah dengan memohon ampun kepada Allah SWT lewat istigfar sebanyak-banyaknya.

Mintalah pertolongan Allah SWT agar dibukakan hidayah dan diberikan kelembutan hati agar selalu senang mengerjakan sholat.

"Ketika hatiku malas, aku beristigfar pada Allah dalam sehari sebanyak 100 kali." (HR. Muslim)

Selain mengausir rasa malas, istigfar juga bermanfaat untuk memperkuat iman, mengusir pikiran jahat, menenangkan diri, dan melegakan beban pikiran.

2. Pahami Pentingnya Sholat


cara menghilangkan rasa malas
Ilustrasi sholat (photo/istock/kharps)

Cara agar rajin sholat di antaranya yaitu dengan mengetahui dan memahami apa saja manfaat jika melaksanakan sholat.

Sholat bukan hanya sekadar perintah wajib dari Allah SWT kepada umat-Nya, melainkan juga ibadah yang memiliki banyak keutamaan.

Di antaranya yaitu dapat menghapus dosa-dosa, mencegah diri dari perbuatan keji dan mungkar, serta mendapat petunjuk dan keselamatan dari Allah SWT.

"Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Quran dan dirikanlah sholat. Sesungguhnya sholat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (sholat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadah-ibadah yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan." (QS. Al-'Ankabut: 45)

Sedangkan dari sisi kesehatan, gerakan sholat dapat meningkatkan sirkulasi darah, melancarkan pencernaan, meredakan sakit punggung dan nyeri sendi, serta meredakan stres.

Sholat juga menjadi penentu kualitas amal lainnya, dan akan menjadi perkara pertama yang dinilai di akhirat.

"Hal pertama yang akan dihisab kelak di hari pembalasan adalah salat. Apabila baik salatnya, maka akan baik pula amal-amal lainnya. Dan apabila salatnya rusak, maka akan rusak pula amal-amal lainnya. (HR. Abu Dawud dan Tirdzi)


3. Carilah Teman yang Saleh

cara mengatasi malas sholat 5 waktu
Ilustrasi teman yang saleh (photo/istock/LeoPatrizi)

Berteman dengan orang yang saleh dan rajin beribadah termasuk salah satu cara menghilangkan rasa malas untuk sholat.

Keberadaan teman yang saleh akan memberikan dampak positif, karena mereka akan mengingatkan bahkan mengajakmu sholat.

Sadar atau tidak, lingkungan dan pergaulan dengan teman-temanmu akan membentuk perilaku dan kebiasaanmu.

Jadi, jangan heran kamu cenderung akan malas beribadah jika berkumpul dengan orang-orang yang malas, begitu pula sebaliknya.

4. Menambah Pengetahuan Tentang Agama


cara menghilangkan rasa malas untuk sholat
Ilustrasi menambah pengetahuan tentang agama (photo/istock/agrobacter)

Tips agar tidak malas beribadah selanjutnya yaitu dengan menambah pengetahuan tentang agama, baik dari Alquran, buku bacaan, majelis ilmu, maupun media sosial.

Pilihlah buku bacaan dengan tema yang ringan terlebih dahulu, misalnya tentang kisah para Nabi, penyebaran agama Islam di dunia, dan cerita kehidupan di akhirat.

Kamu juga bisa memanfaatkan media sosial untuk menambah wawasan tentang agama, misalnya dengan mengikuti akun-akun dakwah dan menonton tayangan tausiyah.

Dengan begitu, rasa malas yang menjangkiti hati dan tubuh kamu mulai terkikis, berganti menjadi kecintaan terhadap Islam. Sehingga perlahan-lahan kamu termotivasi untuk beribadah.

5. Membaca Doa Agar Tidak Malas Beribadah


doa agar tidak malas beribadah
Ilustrasi membaca doa agar tidak malas beribadah (photo/istock/agrobacter)

Saat rasa malas sholat 5 waktu kembali datang, bacalah doa agar tidak malas beribadah yang dapat membantu mengusirnya.

Doa ini berisi permohonan kepada Allah SWT agar diberikan perlindungan dari rasa malas yang menyebabkan siksa kubur.

"Allahumma inni a'udzu bika minal 'ajzi, wal kasali, wal jubni, wal haromi, wal bukhl. Wa a'udzu bika min 'adzabil qobri wa min fitnatil mahyaa wal mamaat."

Artinya "Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan, rasa malas, rasa takut, kejelekan di waktu tua, dan sifat kikir. Dan aku juga berlindung kepada-Mu dari siksa kubur serta bencana kehidupan dan kematian.” (HR. Bukhari no. 6367 dan Muslim no. 2706)


Demikianlah cara menghilangkan rasa malas dalam melaksanakan ibadah terutama sholat 5 waktu. Jika sholat saja sudah kita anggap sepele, lalu apa lagi yang penting bagi kita sebagai umat Muslim?

Artikel Menarik Lainnya:

Indriyana
Indriyana

Indriyana

Writer
JOIN US
JOIN US