The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Dulu Primadona Bule Backpacker, Ternyata Jalan Jaksa Berasal dari Kisah Mahasiswa Belanda
Asal-usul Jalan Jaksa (Z Creators/Jafriyal)
Life

Dulu Primadona Bule Backpacker, Ternyata Jalan Jaksa Berasal dari Kisah Mahasiswa Belanda

Senin, 03 Oktober 2022 20:06 WIB 03 Oktober 2022, 20:06 WIB

INDOZONE.ID - Salah satu sudut Jakarta yang menemui masa senjakala adalah Jalan Jaksa. Wilayah yang sempat menjadi primadona untuk backpacker ini sudah kehilangan popularitasnya. Kini enggak ada lagi terlihat 'Bule Jaksa' yang melintas di jalan ini seperti masa jayanya di tahun 2000-an. 

jalan jaksa
Jalan Jaksa pernah mengalami masa kejayaan (Z Creators/Jafriyal)

Jauh sebelum menjadi tujuan menginap favorit pelancong, Jalan Jaksa di zaman kolonial dikenal sebagai wilayah tempat tinggal untuk sarjana-sarjana yang sedang mengambil sekolah hukum terutama untuk profesi jaksa.

Lokasi sekolahnya pun enggak jauh dari Jalan Jaksa, yakni berada di Jalan Merdeka Barat. Berjarak hanya 1,6 km. Setelah masa kemerdekaan gedung tersebut lebih dikenal sebagai kantor Kementerian Pertahanan.

asal usul jalan jaksa
Jalan Jaksa bukan lagi pusat bula backpacker (Z Creators/Jafriyal)

Sedangkan awal mula Jalan Jaksa menjadi lokasi favorit backpacker berawal dari wisatawan bule nyasar yang menumpang di rumah warga pada 1960-an. Singkat cerita, wisatawan lain pun melakukan hal yang sama. Sadar akan potensi ekonomi tersebut warga Jalan Jaksa di Kebon Sirih, Jakarta Pusat pun membuka penginapan secara profesional. Festival Jalan Jaksa pun sempat populer di Jakarta.

"Wisma Dahlia saya enggak pernah dengar," tutur warga saat Tim Z Creators, Jafriyal bertanya tentang penginapan pertama di Jalan Jaksa.

Saat Jakarta dipimpin oleh Basuki Tjahaja Purnama, Jalan Jaksa ditertibkan dari parkir liar. Kondisi wisma yang sudah enggak mengakomodir pasar pun semakin sepi. Wisma dan kafe yang pernah populer pun kini tutup dan dijual.

jalan jaksa
Jalan Jaksa kini sepi wisatawan (Z Creators/Jafriyal)

Namun beberapa pemilik wisma mengubah usahanya menjadi rumah indekost. Sedangkan saat ini trotoar Jalan Jaksa sudah semakin lebar. Namun tetap ada kendaraan yang membandel parkir di pedestrian tersebut.

Artikel menarik lainnya:

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators

TAG
Rini Puspita
Jafriyal
Jafriyal

Jafriyal

Community Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US