The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Rayakan Hari Lingkungan Hidup: Hikmah Pandemi, Alam Jadi Bersih
Ilustrasi langit di Jakarta bersih selama pandemi. (Pixabay/Julius_Silver).
Life

Rayakan Hari Lingkungan Hidup: Hikmah Pandemi, Alam Jadi Bersih

Berikut imbauan Komisi IV DPR.

Jumat, 05 Juni 2020 19:39 WIB 05 Juni 2020, 19:39 WIB

INDOZONE.ID - Anggota Komisi IV DPR RI Ema Umiyyatul Chusnah menyebutkan bahwa Hari Lingkungan Hidup Sedunia kali ini diperingati dengan kondisi dunia yang tengah menghadapi masalah pandemi virus Corona atau Covid-19.

Meskipun akibat wabah itu menyebabkan kegiatan-kegiatan manusia hampir di seluruh dunia menjadi terbatas, dan bahkan terhenti. Namun ada hikmah yang bisa diambil dari hal tersebut, khususnya untuk alam dan lingkungan hidup di bumi ini.

Contohnya, udara di perkotaan jadi segar, pantai jadi bersih, serta lautan yang terjaga dari limbah. 

"Adanya pembatasan sosial memberikan dampak positif terhadap kondisi lingkungan, seperti dilaporkan di berbagai negara kualitas udara yang membaik. Bisa dikatakan pada saat momen bumi sedang berbenah diri akibat Covid-19," ucap Ema kepada Indozone, Jumat (5/6/2020).

Ilustrasi langit di Jakarta bersih selama pandemi.
Ilustrasi langit di Jakarta bersih selama pandemi. (Pexels/Tom Fisk).

Dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini, politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) berharap agar seluruh elemen masyarakat bisa turut berperan aktif dalam menjaga keseimbangan dan kelestarian alam.

"Perlu kita pahami bahwa disini terdapat hubungan yang saling membutuhkan, alam membutuhkan manusia untuk menjaganya dan manusia memerlukan alam demi keberlangsungan hidup manusia itu sendiri," ungkapnya.

Dengan munculnya kebiasaan baru akibat masalah wabah pandemi virus corona, yakni memelihara kebersihan lingkungan, menjaga kelestarian alam. Sehingga, ia mengimbau agar masyarakat juga dapat mengurangi penggunaan plastik untuk mencegah pencemaran lingkungan.

"Menurut data KLHK ada peningkatan 6% sampah setiap tahunnya. Selama pandemi ini banyak masyarakat yang melakukan aktivitas belanja online dengan e-commerce. Perlu adanya inovasi kemasan dari pelaku usaha online dengan konsep ramah lingkungan yaitu 3R (Reuse, Reduce, Recycle)," tutup Ema.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fiddy Anggriawan
M Fadli
Sarah Hutagaol

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US