The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Agar Tak Sakit Hati, Begini Cara Menegur Sahabat dengan Halus
Ilustrasi persahabatan. (freepik/standret)
Life

Agar Tak Sakit Hati, Begini Cara Menegur Sahabat dengan Halus

Biar tak merasa dihakimi.

Selasa, 28 Juli 2020 14:02 WIB 28 Juli 2020, 14:02 WIB

INDOZONE.ID - Dihadapkan pada rasa kesal dan perasaan marah karena sahabatmu kerap melakukan kesalahan berulang padamu, maka kamu pun perlu untuk menegurnya agar ia sadar atas kekeliruannya tersebut.

Tapi, jika sahabatmu itu termasuk seseorang yang mudah tersinggung, tentu saja kamu akan merasa serba salah. Kalau terus dibiarkan, kamulah yang akan terus-menerus menjadi korbannya, tetapi jika ditegur, ia justru akan merasa tersinggung.

Jadi bagaimana cara menegurnya agar ia tidak merasa dihakimi ataupun dijatuhkan olehmu?

Pertama, ajaklah ia untuk berbicara empat mata denganmu. Dan jangan sesekali kamu menegurnya di muka umum meskipun kamu sudah tak tahan lagi dengan sikapnya tersebut. Carilah tempat yang tenang agar tidak terjadi salah komunikasi karena fokusnya bisa saja terganggu saat di keramaian.

Agar Tak Sakit Hati, Begini Cara Menegur Sahabat dengan Halus
Ilustrasi persahabatan. (freepik/halayalex)

Setelah itu, mintalah ia untuk mendengarkan semua yang kamu sampaikan tanpa memotong pembicaraanmu. Jika ia setuju, maka tugasmu selanjutnya adalah menegurnya dengan kata-kata yang sopan, halus namun tegas.

Lihatlah ekspresinya, jika masih baik-baik saja, berarti ia mengerti apa yang kamu bicarakan dan tetap fokus padamu. Selanjutnya, saat ia memberikan argumennya, maka kamu pun harus mendengarkan dengan baik tanpa memotong.

Tak masalah jika kalian berdebat dan berbeda pendapat selama pembicaraan tersebut terjadi asalkan tak saling menyerang ataupun menyakiti.

Terakhir, jika ia meminta maaf padamu dengan sungguh-sungguh atas semua teguran yang kamu sampaikan padanya tadi, maafkanlah sahabatmu tersebut. Karena apapun masalahnya, kamu dan dia adalah sahabat baik.

Jadi nantinya, tak ada lagi istilah kesal atau marah yang timbul di antara persahabatan kalian berdua.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fiddy Anggriawan
Yulia Marianti
Dita Rana
Dita Rana

Dita Rana

Community Writer
JOIN US
JOIN US