The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

7 Lomba 17 Agustus Kreatif dan Anti Mainstream di Tengah Pandemi Covid-19
Lomba joget balon (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)
Life

7 Lomba 17 Agustus Kreatif dan Anti Mainstream di Tengah Pandemi Covid-19

Rabu, 12 Agustus 2020 13:52 WIB 12 Agustus 2020, 13:52 WIB

INDOZONE.ID - Setiap tahun, 17 Agustus selalu identik dengan suasana meriah, mulai dari dekorasi 17 Agustus, hiasan bendera merah putih terpasang di tempat publik, sampai lomba 17 Agustus yang heboh.

Beragam kegiatan dan lomba 17 Agustus dalam rangka memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia biasanya sudah dipersiapkan jauh-jauh hari oleh masyarakat. Panitia lomba 17-an pun sudah sibuk sebulan sebelum hari H.

Namun, 17 Agustus tahun ini nampaknya agak sedikit berbeda lantaran adanya pandemi Covid-19 yang tengah melanda seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Oleh karena itu, masyarakat diimbau pemerintah untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dan menjaga jarak fisik (physical distancing).

Lomba 17 Agustus Kreatif di Tengah Pandemi Covid-19

Meskipun peringatan HUT RI ke-75 pada 17 Agustus 2020 nanti berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, seharusnya tidak mematahkan rasa nasionalisme kita, terutama di momen Hari Kemerdekaan.

Kamu dan teman-teman lain tetap bisa memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-75 dengan mengadakan lomba 17 Agustus di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

Ada banyak sekali ide lomba 17 Agustus kreatif, lucu dan seru dimainkan ramai-ramai. Beberapa lomba 17-an ini pun tetap aman dilakukan di tengah pandemi.

Dirangkum Indozone, berikut ini lomba 17 Agustus kreatif dan anti mainstream saat pandemi Covid-19 untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia:

1. Lomba 17 Agustus: Tari TikTok

Ide lomba 17 Agustus kreatif di tengah pandemi Covid 19
Aplikasi TikTok (Unsplash/@konkarampelas)

TikTok menjadi media sosial yang ramai dimainkan anak-anak muda maupun orang dewasa saat ini. Tak hanya seru, aplikasi buatan Tiongkok ini disukai karena selalu ada dance challenge-nya.

Dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-75, nggak ada salahnya lho kamu membuat lomba 17 Agustus online dengan memanfaatkan aplikasi TikTok.

Koreografi tarian TikTok yang seru itu boleh kamu pakai sebagai ide lomba 17 Agustus anti mainstream.

2. Lomba 17 Agustus: Game Online

Ide lomba 17 Agustus kreatif game online di tengah pandemi Covid 19
Ilustrasi bermain game online (Unsplash/@findracadabra)

Game online semakin banyak peminatnya. Daripada cuma seru-seruan main, mending jadikan game online sebagai ide lomba 17 Agustus kreatif di tengah pandemi. Jadi lebih bermanfaat juga, kan?

Kamu bisa pilih dari sekian banyak game online yang ramai diminati saat ini, seperti Mobile Legend, PUBG, dan lainnya.

3. Lomba 17 Agustus: Video Kreatif Tema Kemerdekaan

Ide lomba 17 Agustus kreatif video tema kemerdekaan
Ilustrasi video creative (Unsplash/@kalvisuals)

Tak kalah kreatif dari dua ide lomba Agustusan di atas yaitu lomba video kreatif bertema 'Kemerdekaan Indonesia' atau 'HUT RI ke-75'.

Lomba video kreatif tema kemerdekaan ini dijamin bakal ramai diikuti. Kategori video yang dilombakan bisa dalam bentuk video dokumenter, motion graphic, atau lainnya.

Selain bisa mengembangkan bakat visual dalam mengedit video, lomba 17 Agustus kreatif seperti juga membuka peluang orang-orang memenangkan hadiah, mulai dari merchandise menarik sampai uang tunai.

4. Lomba 17 Agustus: Joget Balon

Ide lomba 17 Agustus kreatif joget balon
Lomba joget balon (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Ada lagi nih ide lomba 17 Agustus lucu dan seru dimainkan yaitu joget balon. Lomba Agustusan ini cocok untuk semua kalangan usia lho, mulai dari anak-anak sampai orang tua.

Sesuai namanya, aturan permainan ini peserta harus mengapit sebuah balon yang ditaruh di antara wajah dari dua peserta.

Mereka harus membawa balon tersebut dari garis start sampai ke finish. Tapi syaratnya, mereka harus jalan hadap-hadapan dan berjoget sambil menggiring balon tersebut.

5. Lomba 17 Agustus: Memasukkan Paku ke dalam Botol

Ide lomba 17 Agustus kreatif di tengah pandemi Covid 19
Lomba memasukkan paku ke dalam botol (Ist)

Ide lomba 17 Agustus lucu yang tidak memakan biaya yaitu memasukkan paku ke dalam botol. Ini merupakan lomba Agustusan paling klasik, bahkan sudah sering diadakan sejak zaman reformasi dulu.

6. Lomba 17 Agustus: Balap Egrang

Ide lomba balap egrang 17 Agustus HUT RI ke 75
Lomba egrang 17 Agustus (ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko)

Salah satu lomba 17 Agustus yang juga memungkinkan untuk diadakan adalah lomba balap egrang. Permainan ini terbilang cukup sulit untuk dimainkan. Menjaga keseimbangan adalah kunci dari permainan balap egrang.

Lomba Balap Egrang merupakan permainan yang tidak kalah populer dari lomba balap karung. Poin penting dalam lomba ini yaitu jaga jarak (social distancing) supaya tidak saling senggol dan jatuh dari engrang.

7. Lomba 17 Agustus: Balap Karung dengan Helm

Lomba 17 Agustus kreatif balap karung helm
Lomba balap karung helm (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

Lomba balap karung masih menjadi ciri khas setiap momentum 17 Agustus tiba. Jika biasanya lomba ini hanya dimainkan dengan karung saja, maka ada yang lebih unik lagi yaitu balap karung dengan helm.

Cara bermainnya, para peserta lomba akan memakai atribut helm lengkap, lalu seluruh tubuhnya masuk dalam karung. Kemudian, karung itu diikat hingga leher.

Balap karung dengan helm ini digemari anak-anak. Karena selain seru, lomba 17 Agustusan ini aman dimainkan.


Nah, itulah beberapa ide lomba 17 Agustus kreatif di tengah pandemi yang lucu, unik, seru, dan bermanfaat. Selamat Hari Ulang Tahun ke-75 Republik Indonesia. Dirgahayu Indonesia!

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
Rizka
Rizka

Rizka

Writer
JOIN US
JOIN US