The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

10 Tips Belanja Saat Promo Harbolnas 12.12 Biar Tetap Untung
Ilustrasi Harbolnas (pexels/@belart84)
Life

10 Tips Belanja Saat Promo Harbolnas 12.12 Biar Tetap Untung

Jumat, 09 Desember 2022 20:42 WIB 09 Desember 2022, 20:42 WIB

INDOZONE.ID - Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas setiap tanggal 12 Desember, adalah salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu.

Di akhir tahun, Harbolnas merupakan kesempatan baik untuk berbelanja, karena promo yang ditawarkan pasti besar-besaran.

Kamu bisa berbelanja pernak-pernik Natal, hadiah kado Hari Ibu, dan tiket penginapan untuk merayakan Tahun Baru. 

Tips Belanja Saat Harbolnas 

Siapa bilang belanja tidak pakai strategi? Ada hal-hal penting yang harus kamu perhatikan sebelum berbelanja saat Harbolnas agar kamu tidak kalap.

Berikut INDOZONE berikan tips belanja Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional) saat promo 12.12 tanggal 12 Desember 2022.

1. Tentukan anggaran belanja


Harbolnas
Ilustrasi anggaran belanja (pixabay/tumisu)

Menentukan anggaran belanja adalah hal utama yang perlu kamu lakukan. Kamu bisa mengambil beberapa persen dari penghasilan utama kamu untuk dibelanjakan saat Harbolnas.

Patuhi juga anggaran yang telah kamu buat. Jangan sampai kamu jadi kalap hanya karena ada promo besar-besaran. 

Apalagi jika kamu sampai memakai tabungan dan dana darurat. Jangan sampai keuangan kamu memburuk atau justru menimbulkan utang konsumtif.

2. Catat kebutuhan


Harbolnas
Ilustrasi catat kebutuhan (pexels/picjumbo)

Mencatat kebutuhan menjadi poin penting selanjutnya sebelum kamu memutuskan untuk berbelanja saat Harbolnas.

Catat apa saja barang-barang yang sedang kamu butuhkan. Hindari berbelanja produk yang hanya sekadar kamu inginkan namun tidak bermanfaat.

Setelah membuat daftar belanjaan, pastikan kamu juga mematuhi daftar tersebut. Jadikan barang-barang yang ada dalam daftar belanjaanmu sebagai prioritas.

3. Perhatikan syarat & ketentuan promo


Harbolnas
Ilustrasi promo (pixabay/PhotoMIX-Company)

Beberapa minggu sebelum Harbolnas, biasanya marketplace atau e-commerce sudah gencar mempromosikan program diskon andalan mereka.

Kamu sudah bisa melihat promo-promo yang ditawarkan. Cek pula syarat dan ketentuan promo yang berlaku.

Bila perlu, siapkan kalkulator untuk menghitung promo mana yang lebih menguntungkan. Hal ini juga memengaruhi anggaran belanja yang akan kamu keluarkan.

4. Simpan barang incaran di wishlist


Harbolnas
Ilustrasi barang incaran (pexels/Lum3n)

Kalau kamu sudah menemukan produk-produk incaranmu, kamu dapat menyimpannya pada fitur Wishlist. Fitur ini diciptakan untuk menyimpan koleksi barang yang kamu suka namun belum bisa kamu beli.

Ketika promo Harbolnas dimulai, cek kembali Wishlist-mu. Bisa saja barang yang kamu sukai sedang diskon besar-besaran. Hal ini tentu akan sangat menguntungkanmu.

5. Bandingkan harga


Harbolnas
Ilustrasi harga (pexels/Vitaly)

Membandingkan harga dari satu online shop dengan online shop lain tidak ada salahnya. Kamu akan menemukan beberapa perbedaan yang bisa menjadi pertimbanganmu untuk berbelanja.

Jangan sampai kamu terjebak. Bisa saja kamu menemukan produk yang paling murah di satu tempat, namun ternyata kamu harus membeli dalam jumlah yang cukup banyak.

6. Manfaatkan flash sale


Harbolnas
Ilustrasi flash sale (unsplash/@justinlim)

Setiap marketplace atau e-commerce pada umumnya memiliki program Flash Sale di jam-jam tertentu. Kamu bisa cek program Flash Sale ini untuk mendapatkan produk dengan harga terbaik.

Sayangnya, durasi Flash Sale hanya berlangsung beberapa jam. Jadi kamu harus gerak cepat untuk membeli barang incaranmu. 

Jangan lupa cek kembali jumlah, warna, dan ukuran barang yang kamu pesan, ya. Jangan sampai kamu salah membeli produk.

7. Pakai voucher potongan


Harbolnas
Ilustrasi voucher potongan (pixabay/viarami)

Perhatikan dulu apakah barang-barang yang dijual di toko tersebut sudah terjamin keasliannya dan kualitasnya.

Toko online yang baik biasanya memaparkan informasi dengan jelas, seperti jumlah, ukuran, bahan, berat, dan lain sebagainya.

Perhatikan juga review produk dari para pembeli sebelumnya di toko tersebut. Akan lebih baik, kamu membeli di toko online yang mendapatkan rata-rata bintang 5 dengan review yang bagus.

8. Pilih pembayaran yang menguntungkan


Harbolnas
Ilustrasi pembayaran (unsplash/@rupixen)

Memilih metode pembayaran juga bisa menjadi tips belanja saat Harbolnas agar kamu bisa mendapat harga terbaik.

Biasanya bank-bank ternama akan ikut memberikan potongan tambahan, cicilan 0%, cashback, hingga poin berlipat jika membayar menggunakan produk dari bank tersebut.

Begitu pula jika membayar dengan uang elektronik seperti OVO, DANA, GoPay, LinkAja, dan ShopeePay, biasanya akan ada bonus tambahan yang akan kamu dapatkan.

9. Cari promo gratis ongkir


Harbolnas
Ilustrasi gratis ongkir (unsplash/@drew_beamer)

Berbelanja saat Harbolnas sangat istimewa. Selain harga yang ditawarkan sangat menarik, marketplace dan e-commerce juga akan memberikan promo gratis ongkos kirim (ongkir).

Jangan sampai kamu melewatkan kesempatan emas ini. Apalagi jika kamu berdomisili di luar Pulau Jawa, gratis ongkos kirim akan sangat menguntungkanmu.

10. Lihat ulasan pelanggan


Harbolnas
Ilustrasi ulasan pelanggan (pexels/Markus)

Jika kamu berbelanja di marketplace dan e-commerce, pilihlah toko dengan rating tinggi untuk menghindari penipuan. Pastikan pula kamu berbelanja di tempat yang terpercaya.

Jangan lupa cek review pelanggan mengenai produk yang dijual. Hal ini bisa mencegahmu membeli produk yang tidak sesuai ekspektasi atau produk yang tidak original.


Itu tadi deretan tips yang bisa kamu persiapkan dari sekarang menyambut Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) tanggal 12 Desember 2022 nanti. Semoga bermanfaat!

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Indriyana
Indriyana
Writer
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US