The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Jangan Buru-buru Putus, Coba Cara Ini untuk Selesaikan Masalah dengan Pasangan
Ilustrasi pasangan sedang marah. (pexels/Vera Arsic)
Life

Jangan Buru-buru Putus, Coba Cara Ini untuk Selesaikan Masalah dengan Pasangan

Kamis, 04 Juni 2020 10:09 WIB 04 Juni 2020, 10:09 WIB

INDOZONE.ID - Ketika menjalin hubungan asmara, tentu kita akan dihadapkan dengan segelintir masalah. Namun, bukan berarti masalah itu bisa membuat hubungan hancur begitu saja.

Artinya, setiap masalah tentu bisa diselesaikan dengan cara baik-baik. Nah, buat kamu yang ingin mencoba berbaikan dengan pasangan, hal pertama yang harus kamu lakukan ialah memastikan bahwa suasana hati kamu dan dia dalam keadaan baik.

"Tenangkan diri dulu 15-30 menit, sambil mendengarkan musik atau latihan pernapasan. Untuk tipe yang ekspresif, bisa sambil mengerjakan sesuatu misalnya mencuci piring agar energinya release, agak lebih tenang," kata psikolog dari Tiga Generasi, Alfath Hanifah Megawati dalam diskusi via daring, Selasa (2/6/2020).

Ketika suasana hati tenang, kamu bisa mulai mengajak pasangan berbicara dimulai dengan topik ringan diselingi humor. Usahakan untuk tak menggunakan kata-kata bernada menyalahkan pasangan.

Menurutnya, komunikasi pada pasangan tak hanya dilakukan saat ada masalah saja. Itu bahkan harus menjadi rutinitas untuk mempererat hubungan.

selesaikan masalah
Ilustrasi pasangan sedang berkomunikasi. (pexels/Ekaterina Bolovtsova)

Ia menambahkan, saat ada masalah, jangan hanya berdiam diri. Sikap ini justru kurang baik untuk dilakukan ketika masalah melanda.

Satu hal yang perlu diingat, pasangan tidak akan tau bagaimana perasaan dan isi hati kita, itulah sebabnya kenapa komunikasi sangat penting untuk dilakukan.

"Kalau fungsinya (diam) untuk menenangkan diri, bagus. Tetapi berharap pasangan tahu, bisa membaca pikiran kita, itu salah," tutur psikolog yang biasa disapa Ega itu.

Selain komunikasi, cobalah untuk melakukan evaluasi diri. Ketika berkomunikasi dengan pasangan cobalah untuk jangan memasang ekspresi yang menakutkan, hingga membuat pasangan tak nyaman.

"Jangan-jangan setiap berkonflik kita memasang ekspresi menakutkan sehingga tidak membuka ruang diskusi yang nyaman dengan pasangan. Tilik dari kita bukan hanya dari sisi pasangan. Jangan-jangan saya yang enggak cukup santai," lanjutnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Putri
Zega

Zega

Editor
Putri

Putri

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US