The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Heboh Tren 'Unboxing Istri' Sebelum Malam Pertama di Medsos, Dikritisi Kemenag Malaysia
Tren unboxing istri heboh di Malaysia usai viral di Tiktok. (Capture/TikTok screencaps)
Life

Heboh Tren 'Unboxing Istri' Sebelum Malam Pertama di Medsos, Dikritisi Kemenag Malaysia

Jumat, 14 Januari 2022 20:37 WIB 14 Januari 2022, 20:37 WIB

INDOZONE.ID - Heboh tren media sosial di kalangan pasangan pengantin baru mendapat reaksi keras dari publik hingga tuai keritikan.

'Unboxing by suami' atau 'unboxing pengantin' yang artinya 'unboxing istri' merupakan aktivitas pengantin baru saat melakukan ritual malam pertama.

Berdasarkan video yang beredar diketahui pasangan yang berasal dari Malaysia itu masih mengenakan busana pernikahan berdiri di depan cermin sambil melepaskan aksesoris kepala pengantin wanita di depan kamera.

Namun yang menjadi kritikan tajam, hijab sang pengantin perempuan yang sudah sah menjadi istri juga turut dibuka sang suami.

“Apakah kamu tidak merasa malu merekam video seperti itu? Aurat seorang istri perlu dijaga oleh suaminya,” tulis salah satu netizen yang berkomentar.

“Pengantin baru muda akhir-akhir ini begitu mudah terpengaruh oleh hal-hal yang tidak pantas demi tren tapi nyatanya justru mempermalukan diri sendiri dan keluarga,” komentar lainnya.

Tren ini mendapat respon dari Departemen Agama Islam Perak, Malaysia yang turut berkomentar.

Pemerintah setempat menghimbau umat Islam untuk menjauh dari tren tersebut, dengan mengatakan bahwa wajib bagi suami untuk melindungi kehormatan istri mereka.

"Tindakan 'unboxing' bukan bagian dari ajaran Islam karena itu adalah awal dari dosa dan mengundang fitnah," tulis pernyataan dari Departeman Agama dalam sebuah posting di Facebook seperti yang dikutip Indozone, Jumat (14/1/2022).

Postingan tersebut dibagikan oleh Departemen Pengembangan Islam Malaysia.

Ulama Muslim Pencetus Ummah (PU) Syed juga mengecam tren tersebut, menggambarkannya sebagai tindakan “sesat”.

PU Syed berpandangan bahwa seorang istri adalah milik suaminya dan haram bagi suami untuk memperlihatkan aurat istrinya ke publik.

“Istri kita adalah milik kita, kita tidak bisa membagi kecantikan dan pesona mereka dengan orang lain, semuanya milik sang suami."

“Kita bisa menjadi muda dan mencoba hal-hal baru, tetapi kita harus menaati hukum Tuhan dan tidak pernah melakukan hal-hal seperti itu," katanya.

“Jangan ikut-ikutan omong kosong karena tidak membawa manfaat apa-apa,” kata khatib bernama asli Syed Mohd Bakri Al-Yahya seperti yang dilansir mStar kemarin.

Dalam konteks media sosial, unboxing biasanya melibatkan seseorang, biasanya seorang influencer, merekam proses membuka kotak atau kemasan asli untuk mengungkapkan produk konsumen.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US