The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kisah Orang-orang yang Berhasil Bangkit dari Hantaman Pandemi Covid-19
Selvi dan Indah, pengusaha yang berhasil bangkit di masa pandemi Covid-19 (Antara)
Life

Kisah Orang-orang yang Berhasil Bangkit dari Hantaman Pandemi Covid-19

Jumat, 11 Juni 2021 14:04 WIB 11 Juni 2021, 14:04 WIB

INDOZONE.ID - Pandemi Covid-19 yang membuat ekonomi morat-marit, membuat banyak pengusaha gulung tikar dan karyawan dipecat. Namun, tidak semua orang terpuruk gara-gara pandemi.

Ada juga yang berhasil bangkit dan menjadi lebih baik. Dilansir Antara, inilah kisah mereka:

1. Selvi

Selvi menyadari pentingnya hidup sehat di era pandemi. Dia pun iseng membuat camilan sehat berupa kue brownies tanpa gluten dan menjualnya ke orang terdekat.

Selama pandemi, Selvi bekerja dari rumah dan jarang dapat proyek. Akhirnya, waktu luang dia manfaatkan untuk membuat kreasi sehat dari berbagai resep, salah satunya brownies tanpa gluten.

Gaji yang terpotong akhirnya berhasil tertutupi dari hasilnya berjualan brownies sehat tersebut. Dia mengaku dapat banyak untung, terutama di momen Hari Raya seperti Natal dan Tahun Baru.

Kini, dengan modal tidak lebih dari Rp1 juta, bahkan mixer meminjam, Selvi bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Selvi menyarankan bagi mereka yang ingin memulai bangkit lewat usaha selama pandemi Covid-19, pilihlah usaha yang menjadi minat supaya bisa menjalankannya dengan konsisten.

2. Indah Catur Agustin

Indah adalah pelaku UMKM aksesoris tempat tidur seperti sprei dan bed cover. Dia sebenarnya sudah punya toko di mal di Surabaya, tapi terpaksa tutup karena operasional tinggi.

Indah sempat merasakan kuatnya dampak pandemi. Namun, dia segera beradaptasi dengan pindah ke e-commerce. 
Hasilnya, transaksinya justru naik hampir 20x lipat di kuartal pertama 2021, dibanding tahun lalu. Omzetnya mencapai lebih dari Rp900 juta.

Dia juga melakukan sejumlah inovasi, seperti motif dan warna menarik, agar produknya dilirik oleh calon pembeli. Indah juga membuat produk dengan harga terjangkau, namun kualitas jempolan.

Selama pandemi Covid-19, Indah menegaskan selalu menerapkan prokes ketat terhadap para karyawan.

"Buat kalian yang mau usaha, mulai aja dulu. Apapun (usahanya) sekarang produk kalian mulailah berjualan online, jangan takut dengan pesaing-pesaing, justru belajarlah dari pesaing-pesaing anda. Selalu konsisten dengan apa yang kamu mulai," pesannya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Zega

Zega

Editor
JOIN US
JOIN US