The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

7 Pantangan yang tidak Boleh Dilakukan saat Imlek, dari Mencuci hingga Tidur Siang
Ilustrasi merayakan Imlek. (Pexels/RODNAE Productions)
Life

7 Pantangan yang tidak Boleh Dilakukan saat Imlek, dari Mencuci hingga Tidur Siang

Kamis, 27 Januari 2022 11:05 WIB 27 Januari 2022, 11:05 WIB

INDOZONE.ID - Tahun Baru Imlek hanya tinggal menghitung hari, berbagai persiapan  sudah mulai dilakukan teman-teman yang merayakannya. Dari mulai hidangan keluarga hingga pakaian yang akan dikenakan.

Tapi, ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat Tahun Baru Imlek, karena diyakini bisa membawa masalah di tahun mendatang.

Dilansir Travel China Guide, berikut ini beberapa hal yang jangan kamu lakukan saat Imlek.

1. Jangan mengucapkan kata-kata tabu

Saat Imlek, kata-kata yang mengandung makna negatif harus dihindari dalam percakapan sehari-hari, seperti putus, kehabisan, kematian, hantu, pembunuhan, penyakit, kesakitan, kehilangan, dan kemiskinan.

2. Mencuci pakaian

Dua hari pertama Tahun Baru Imlek dianggap sebagai hari ulang tahun Dewa Air. Jadi, jika kamu mencuci pakaian selama dua hari ini, dewa akan tersinggung.

3. Menangis

Dipercaya bahwa tangisan anak-anak menandakan penyakit dan kemalangan, yang dapat membawa nasib buruk bagi seluruh keluarga. Oleh karena itu, untuk menghindari tangisan anak, saat Imlek orang tua tidak boleh menghukum anak-anak mereka, bahkan saat mereka melakuka kesalahan.

Baca juga: Pantangan Menyapu Rumah saat Imlek, Benarkah Bisa Mengusir Rezeki?

4. Potong rambut

Orang tidak boleh memotong rambut mereka selama bulan lunar pertama, karena itu menunjukkan kematian paman mereka dan tentu saja hal yang tidak boleh kamu lakukan saat Imlek.

5. Tidur siang

Tidur siang juga dilarang saat Imlek, karena ini dipercaya bahwa ornag akan menjadi malas sepanjang tahun jika mereka tidur siang pada hari pertama Festival Musim Semi.

6. Meyapu dan membuang sampah

Pada tanggal 1 bulan lunar 1, ada pantangan Tahun Baru Imlek untuk menyapu rumah dan membuang sampah. Jika melakukan itu, semua tabungan dan barang berharga akan hanyut. Jika harus menyapu, kamu harus menyapu dari luar ke dalam rumah, yang diartikan mengumpulkan uang. Selain itu, menuangkan air ke luar juga harus dihindari, karena air yang mengalir menandakan pergerakan uang.

7. Pinjam meminjam

Jangan meminjamkan atau meminjam apapun pada hari pertama bulan Januari lunar, terutama uang. Meminjamkan uang adalah pertanda sial, yang berarti kerugian ekonomi, jadi orang tidak boleh menyinggung teman atau tetangga dengan meminjam sesuatu dari mereka. Meminta utang juga dilarang saat Imlek.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Fitri
Abul Muamar

Abul Muamar

Editor
Fitri

Fitri

Writer
JOIN US
JOIN US