The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Punya Gaya Hidup Hedon dan Glamour, Selebgram Ini Ternyata Penipu
Raymond Abbas. (Instagram/@hushpuppi)
Life

Punya Gaya Hidup Hedon dan Glamour, Selebgram Ini Ternyata Penipu

Rabu, 01 Juli 2020 17:00 WIB 01 Juli 2020, 17:00 WIB

INDOZONE.ID - Seorang selebgram asal Nigeria bernama Raymond Abbas ditangkap oleh kepolisian Dubai terkait penipuan siber senilai sebesar Rp6,2 triliun. Dia diringkus polisi pada Kamis malam (25/6/2020) atas kasus penipuan siber dan pencucian uang.

Raymond memiliki 2,4 juta pengikut di Instagram dengan nama akun Hushpuppi. Dia dikenal sebagai selebgram yang kerap memamerkan gaya hidup glamour-nya.

Ada 11 tersangka lain yang juga ditangkap dalam penggerebekan yang melibatkan FBI, Interpol dan kepolisian Dubai tersebut. Dari penggrebekan tersebut, detektif berhasil menyita lebih dari 150 juta dirham atau sekitar Rp591 miliar.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by HUSHPUPPI (@hushpuppi) on

Raymond yang dulunya adalah pedagang pakaian bekas di ibukota Nigeria, Lagos, menggunakan akun Instagram-nya untuk memproyeksikan gaya hidup mewah miliarder untuk menarik pengikut dan memikat calon korban.

Pihak kepolisian mengatakan mereka menemukan alamat email dari hampir dua juta korban di puluhan ponsel, komputer dan hard drive. Lebih dari selusin mobil mewah disita dalam penggerebekan bersama dengan koper penuh uang tunai.

"Setelah memverifikasi informasi yang tersedia, tim melacak geng termasuk 'Hushpuppi', yang merayakan kekayaannya melalui media sosial di bawah pengusaha, dalam upaya untuk memikat para korban dari seluruh dunia," kata direktur departemen investigasi kriminal Kepolisian Dubai, Jamal Salem Al Jallaf.

Polisi menguungkapkan Raymond juga berusaha menggaet korban dari luar negeri dengan membuat situs web palsu untuk perusahaan dan bank terkenal dalam upaya mencuri informasi kartu kredit korban. Setelah itu Raymond akan mencuci uang korbannya.

Laporan mengenai Abbas datang setelah selebgram itu membeli Rolls Royce putih untuk menambah armada mobil mewahnya. Dia juga pernah mengunggah sebuah video tentang dirinya yang melemparkan uang kertas pecahan 100 dolar sebagai confetti di sebuah pernikahan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Dina
Zega

Zega

Editor
Dina

Dina

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US