The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

8 Cara Membersihkan Wajan Gosong dengan Cepat Secara Alami
Ilustrasi wajan gosong (photo/unsplash/@clemono)
Life

8 Cara Membersihkan Wajan Gosong dengan Cepat Secara Alami

Senin, 27 September 2021 23:53 WIB 27 September 2021, 23:53 WIB

INDOZONE.ID - Wajan adalah peralatan dapur yang paling sering dipakai ketika memasak. Tak heran jika wajan bisa gosong karena dipakai terus-menerus.

Wajan gosong disebabkan oleh sisa-sisa makanan yang menempel dan terbakar saat dipakai di atas kompor. Hal ini menyebabkan wajan menghitam dan susah dibersihkan.

Jika wajan di rumahmu gosong dan menghitam, tak perlu membeli yang baru. Ada beberapa cara membersihkan wajan gosong yang bisa kamu coba di rumah.

Cara Membersihkan Wajan Gosong

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini Indozone bagikan cara membersihkan wajan gosong maupun kerak panci yang lengket dan menempel keras dengan cepat secara alami.

1. Siram air panas


cara membersihkan wajan gosong

Ilustrasi air panas (photo/unsplash/@cookerking)

Cara membersihkan wajan gosong yang pertama adalah dengan menggunakan air panas. Cara ini ampuh jika diterapkan pada wajan yang terbuat dari stainless steel.

Kamu bisa memanaskan wajan gosong selama beberapa menit lalu angkat. Siramkan air panas pada permukaan wajan yang gosong. Kamu bisa gunakan sendok kayu atau spatula nilon untuk mengikis kerak gosong.

2. Gunakan garam


cara membersihkan wajan gosong

Ilustrasi garam (photo/freepik/racool_studio)

Ternyata garam bisa dimanfaatkan untuk membersihkan wajan gosong, loh! Namun, penggunaan garam untuk membersihkan wajan gosong tidak berlaku untuk wajan yang terbuat dari teflon, ya.

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan gosong pada wajan adalah dengan merendam panci dengan garam dan air panas selama beberapa saat. 

Jika bagian dalam wajan yang gosong, maka kamu bisa tuang air hangat dan tiga sendok makan garam lalu diamkan selama 10 menit. Kemudian didihkan selama 15 menit. Kamu juga bisa gosok perlahan agar keraknya terangkat.

3. Tambahkan lemon


cara membersihkan wajan gosong

Ilustrasi lemon (photo/freepik/stockking)

Bahan alami untuk membersihkan wajan gosong di antaranya yaitu dengan menggunakan lemon. Potong lemon menjadi dua bagian lalu masukkan ke dalam wajan yang gosong. Didihkan wajan lalu gosok pada noda yang gosong.

Kamu juga bisa merendam wajan yang gosong di dalam air mendidih yang sudah dicampur dengan perasan lemon. Biarkan selama beberapa jam sebelum menggosoknya hingga bersih.

4. Pakai kentang


cara membersihkan wajan gosong

Ilustrasi kentang (photo/freepik/fabrikasimf)

Menggunakan kentang termasuk cara membersihkan panci gosong dengan cepat. Potong kentang menjadi dua bagian dan oleskan garam pada kentang.

Kamu bisa menggosok kentang yang sudah diolesi garam pada permukaan wajan gosong agar keraknya terangkat. Tambahkan garam seperlunya jika dibutuhkan.

5. Berikan minuman soda


cara membersihkan wajan gosong

Ilustrasi minuman soda (photo/freepik/lemonsoup14)

Cara membersihkan kerak wajan gosong berikutnya adalah dengan menggunakan minuman bersoda yang banyak dijual di pasaran. Kamu hanya membutuhkan satu kaleng minuman soda untuk membersihkan wajan gosong.

Tuangkan minuman soda pada wajan yang gosong lalu panaskan di atas kompor. Setelah mendidih, bilas seluruh bagian wajan yang gosong. Noda dan kerak akan luruh dengan sendirinya.

6. Siram cuka


cara membersihkan wajan gosong

Ilustrasi cuka (photo/freepik/biefreepik)

Menggunakan cuka juga dikenal efektif untuk membersihkan wajan gosong dengan cepat. Kandungan asam asetat pada cuka ampuh menghilangkan kerak gosong pada wajan dan peralatan dapur lainnya.

Cara penggunaannya pun cukup mudah. Kamu hanya perlu panaskan panci dan tuangkan cuka pada bagian yang berkerak. Tunggu selama beberapa menit lalu cuci wajan memakai spons. Untuk mengikis kerak yang gosong, kamu bisa gosok dengan spatula kayu secara perlahan.

7. Taburi baking soda


cara membersihkan wajan gosong

Ilustrasi baking soda (photo/freepik/chandlervid85)

Kamu juga bisa menggunakan baking soda untuk membersihkan bagian belakang panci dan wajan yang gosong. Baking soda terkenal akan fungsinya yang serbaguna.

Tahap penggunaannya juga tidak sulit. Cukup campurkan baking soda dengan air lalu oleskan pada wajan yang gosong. Diamkan selama beberapa jam agar hasilnya maksimal. Setelah itu kamu bisa cuci wajan gosong seperti biasa.

8. Tuangkan saus tomat


cara membersihkan wajan gosong

Ilustrasi saus tomat (photo/freepik/dashu83)

Cara membersihkan wajan yang gosong juga bisa kamu lakukan dengan menggunakan saus tomat. Kandungan asam asetat pada saus tomat akan bereaksi dengan kerak sehingga wajan gosong lebih mudah dibersihkan.

Kamu bisa oleskan saus tomat pada bagian wajan yang gosong. Diamkan selama 30 menit agar meresap. Lalu gosok perlahan wajan gosong dan bilas hingga bersih.


Itulah tadi cara membersihkan wajan gosong dengan cepat secara alami yang bisa langsung kamu coba di rumah. Bahan dan caranya juga gampang banget!

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
Indriyana

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US