The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Arti Masya Allah Tabarakallah Lengkap dengan Balasan Jawabannya
Ilustrasi mengucapkan Masya Allah Tabarakallah (unsplash/@jannerboy62)
Life

Arti Masya Allah Tabarakallah Lengkap dengan Balasan Jawabannya

Jumat, 04 Februari 2022 18:06 WIB 04 Februari 2022, 18:06 WIB

INDOZONE.ID - Sebagai umat Muslim, kita pasti sering mengucapkan Masya Allah Tabarakallah ketika melihat sesuatu yang mengagumkan.

Ungkapan Masya Allah Tabarakallah memang merupakan pujian atas kebesaran dan kekuasaan Allah SWT terhadap ciptaan-Nya.

Hukum mengucapkan Masya Allah Tabarakallah adalah sunah, karena memiliki keutamaan yang baik dan mampu mencegah kemudaratan terutama penyakit ain.

Bahkan, memuji segala hal yang tercipta atas kehendak Allah telah diperintahkan oleh Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam dalam sabdanya yang berbunyi:

"Apabila seorang dari kalian melihat sesuatu dari saudaranya, atau melihat diri saudaranya, atau melihat hartanya yang menakjubkan, maka hendaklah ia mendoakan keberkahan untuk saudaranya tersebut, karena sesungguhnya penyakit 'ain benar-benar ada." (HR. Ahmad dari Abdullah bin 'Amir, Ash-Shahihah, no. 2572)

Lantas, apa sebenarnya arti dari tulisan Masya Allah Tabarakallah? Bagaimana pula cara menjawab Masya Allah Tabarakallah? Simak uraian Indozone berikut!

Arti Masya Allah Tabarakallah

arti masya allah tabarakallah
Ilustrasi mengucapkan Masya Allah Tabarakallah (unsplash/@hasanalmasi)

Sebelum mengetahui apa arti Masya Allah Tabarakallah, kita perlu mencari tahu terlebih dahulu makna Masya Allah dan Tabarakallah.

Meski sama-sama bentuk pujian terhadap keagungan Allah, Masya Allah dan Tabarakallah mempunyai makna dan penggunaan yang sedikit berbeda.

  • Arti Masya Allah

Dalam kitab tafsir Al-Quranul Karim karangan Syaikh Muhammad bin Shalih Al 'Utsaimin, dijelaskan bahwa kalimat Masya Allah memiliki dua makna.

Hal ini karena kalimat Masya Allah dalam dilakukan ikrab dengan dua cara dalam kaidah bahasa Arab.

Penjabaran yang pertama, kata maa merupakan kata sambung yang berfungsi sebagai predikat, sehingga subjeknya disembunyikan yaitu hadzaa.

Maka dari itu, bentuk seutuhnya dari Masya Allah adalah hadzaa maa syaa Allah yang artinya "inilah yang dikehendaki oleh Allah".

Penjabaran yang kedua, kata maa merupakan kata benda yang menandakan sebab dan frasa syaa Allah berstatus kata kerja, sehingga jawab syarath berbunyi kaana disembunyikan.

Oleh karena itu, bentuk seutuhnya dari Masya Allah adalah maa syaa Allahu kaana yang artinya "apa yang dikehendaki oleh Allah, maka itulah yang akan terjadi".

Sehingga dapat disimpulkan bahwa arti Masya Allah adalah "inilah yang diinginkan oleh Allah atau apa yang dikehendaki oleh Allah maka itulah yang akan terjadi".

  • Arti Tabarakallah

Sama halnya dengan kalimat Masya Allah, kalimat Tabarakallah dapat diartikan berdasarkan kaidah bahasa Arab.

Tabarakallah berasal dari kata baraka yang artinya "memberkahi" dan tabaraka yang artinya "Maha Berkah atau Maha Tinggi atau Maha Suci".

Jadi, arti Tabarakallah adalah "semoga Allah memberkahimu" atau "berkat Allah semua hal bisa terjadi".

Sementara itu, Kementerian Agama Arab Saudi menafsirkan Tabarakallah sebagai "berkah yang banyak dan luas".

  • Arti Masya Allah Tabarakallah

Berdasarkan pengertian dari Masya Allah dan Tabarakallah di atas, keduanya digunakan untuk menunjukkan kekaguman pada ciptaan Allah.

Karena saling berkaitan, kalimat Masya Allah dan Tabarakallah sering digunakan secara bersamaan.

Masya Allah diucapkan untuk menandakan bahwa sesuatu yang terjadi adalah kehendak Allah.

Disambung dengan Tabarakallah sebagai ungkapan bahwa hal tersebut merupakan berkah dari Allah.

Dengan demikian, Masya Allah Tabarakallah artinya adalah "inilah kehendak Allah dan berkat Allah semua ini bisa terjadi".

Namun, istilah Masya Allah lebih tepat digunakan untuk memuji suatu ciptaan Allah yang berada di luar kuasa manusia seperti fenomena dan isi bumi.

Sedangkan istilah Tabarakallah lebih pas dipakai untuk memuji kebesaran Allah terhadap suatu hak milik manusia, seperti kenikmatan dan kemakmuran.

Jawaban Masya Allah Tabarakallah

masya allah tabarakallah artinya
Ilustrasi mengucapkan Masya Allah Tabarakallah (unsplash/@jannerboy62)

Masya Allah dan Tabarakallah memiliki makna yang sangat baik, sehingga sebagai seorang Muslim hendaknya membalas dengan ucapan yang baik pula.

Apabila mendengar seseorang mengucapkan Masya Allah, maka balaslah dengan ucapan Wafiika Barakallah yang artinya "semoga Allah juga memberkahimu".

Jika mendengar seseorang mengucapkan Tabarakallah, sebaiknya balas dengan ucapan Jazakallah Khair yang artinya "Allah akan membalasmu dengan kebaikan".

Selain Jazakallah Khair, ucapan lainnya untuk menjawab Tabarakallah yaitu Barakallah Fii yang artinya "semoga Allah memberkahimu".

Jadi, kesimpulannya ucapan Masya Allah Tabarakallah sebagai pujian yang dipanjatkan kepada Allah, haruslah dibalas dengan pujian pula.

Hal ini menunjukkan bahwa manusia merupakan ciptaan Allah dan bukanlah siapa-siapa tanpa berkah dari Allah.


Demikianlah penjelasan mengenai arti dan tulisan Masya Allah Tabarakallah lengkap dengan jawabannya. Semoga bermanfaat, ya!

Artikel Menarik Lainnya:

Ikhsan
Indriyana
Ikhsan

Ikhsan

Editor
Indriyana

Indriyana

Writer
JOIN US
JOIN US