The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Jangan Cuek, Ini yang Bisa Kamu Lakukan saat Temanmu Depresi
Ilustrasi depresi. (Freepik)
Life

Jangan Cuek, Ini yang Bisa Kamu Lakukan saat Temanmu Depresi

Dengarkan dia.

Sabtu, 04 Desember 2021 17:32 WIB 04 Desember 2021, 17:32 WIB

INDOZONE.ID - Depresi bukan perasaan sedih biasa. Penyakit gangguan mental ini adalah masalah serius yang cara mengatasinya tidak mudah.

Depresi biasanya ditandai dengan perasaan sedih yang mendalam dan menurunnya minat untuk melakukan aktivitas sehari-hari atau yang disukainya.

Depresi bisa dialami oleh siapa saja. Menghadapi orang depresi bukanlah hal yang mudah. Mungkin kamu merasa tidak mampu menghadapi temanmu yang mengalami depresi, namun menyuekinya juga bukan pilihan yang tepat.

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan bila temanmu depresi.

1. Dengarkan dia

yang harus dilakukan menghadapi orang depresi
Ilustrasi. (Unsplash)

Hal sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi seorang teman yang depresi adalah dengan mendengarkan semua keluh kesah dan curhatannya.

Tak perlu buru-buru menanggapi curhatannya, yang ia perlukan hanya didengarkan terlebih dahulu. Setelah ia mencurahkan isi hatinya, barulah kamu memberikan kata-kata yang menguatkan.

Hindari kata-kata yang terkesan menyepelekan masalahnya. Misalnya dengan mengatakan "Ah, kamu mah mending. Aku..." atau "Mungkin kamu kurang mendekatkan diri pada Tuhan".

Baca juga: Tulisan Terakhir Mahasiswi yang Bunuh Diri di Makam Ayahnya karena Depresi

Alih-alih menenangkan, kamu justru bisa membuat mentalnya semakin terpuruk. Jika kamu tak memiliki apa pun untuk dikatakan, sebaiknya diam saja dan dengarkan curhatnya.

2. Tunjukkan simpati

yang harus dilakukan menghadapi orang depresi
Ilustrasi. (Unsplash)

Tunjukkan simpati dan sikap peduli kepada temanmu yang mengalami depresi. Tanyakan apa yang membuat dirinya khawatir. Selalu tanyakan keadaannya meski ia tak bersamamu setelah curhat.

Kamu juga bisa menawarkan bantuan kepadanya bila diperlukan. Setidaknya, dengan cara tersebut bisa membuat hatinya lebih tenang dan merasa aman.

3.  Sarankan atau temani dia ke psikolog

yang harus dilakukan menghadapi orang depresi
Ilustrasi. (Unsplash)

Jangan ragu untuk menyarankan temanmu tersebut ke psikolog atau psikiater. Bila perlu, tawarkan diri menemaninya untuk konsultasi.

Namun, saat mengajaknya, kamu harus memberinya pengertian bahwa pergi ke psikolog bukanlah sesuatu yang salah. Katakan padanya bahwa dengan berobat ke psikolog mungkin bisa membuat kondisinya lebih baik.

4. Jadi orang kepercayaannya

yang harus dilakukan menghadapi orang depresi
Ilustrasi. (Unsplash)

Menjaga rahasia temanmu yang mengalami depresi adalah salah satu hal yang penting. Sebisa mungkin, kamu harus menjaga rahasia yang dicurhatkan oleh temanmu tersebut.

Jangan sampai kamu membocorkannya ke orang lain lalu temanmu mengetahuinya. Alih-alih membuatnya lega, kamu justru menambah beban pikirannya bahkan bisa menambah depresinya semakin parah.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dina
Dina

Dina

Editor
JOIN US
JOIN US