Tak Melulu Menyenangkan, Ini Suka Duka Menjadi Karyawan Kantoran

- Senin, 7 Februari 2022 | 13:00 WIB
Ilustrasi karyawan kantoran (Pixabay/LuckyBusiness)
Ilustrasi karyawan kantoran (Pixabay/LuckyBusiness)

Bekerja di kantor masih menjadi cita-cita banyak orang. Pekerjaan sebagai karyawan kantoran sering dianggap menyenangkan karena punya nama mentereng dan gaji yang pasti.

Meski begitu, bagi kamu yang ingin menjadi seorang karyawan kantoran, tentunya harus berpikir dua kali untuk menentukan perusahaan mana yang ingin dimasuki dan bidang apa yang ingin ditekuni.

Baca juga: Dear Bos, Supaya Karyawan Betah, Ini 5 Fasilitas yang Harus Ada di Kantor

Sebab menjadi karyawan kantoran juga tidak selalu menyenangkan, loh. Ada suka duka yang akan dirasakan.

Penasaran apa saja? Berikut ulasannya yang dikutip Indozone dari Amazone, Senin (7/2/2022). 
 
Suka cita seorang karyawan

 
1. Gaji yang pasti

-
Ilustrasi pekerja kantoran (Pixabay/Prostock-Studio)

Salah satu hal yang menyenangkan saat menjadi karyawan kantoran ialah gaji yang pasti. Gaji ini umumnya diberikan berdasarkan Upah Minimum Regional (UMR).

Itu artinya gaji sebagai karyawan telah dipatok. Sehingga sangat sulit untuk meminta kenaikan gaji. Padahal kebanyakan kantor biasanya menggunakan jasa para pegawainya semaksimal mungkin namun membayarnya seminimal mungkin. 
 
2. Bertemu banyak orang

-
llustrasi karyawan kantoran (Pixabay/g-stockstudio)

Bekerja menjadi seorang karyawan membuat kamu akan terbiasa bertemu dengan banyak orang. Apalagi jika bagian yang kamu pilih adalah back office atau customer service.

Dengan bertemu banyak orang, kamu akan memiliki relasi dan kenalan yang lebih luas. Kamu juga kan lebih paham tentang karakter orang-orang, sebab telah mempelajarinya saat bertemu di kantor.
 
3. Komunikasi mumpuni dan disiplin

-
llustrasi karyawan kantoran (Pixabay/Prostock-Studio)

Pekerja kantoran dituntut untuk berkomunikasi secara verbal dan non verbal untuk berinteraksi dan negosiasi dengan kolega maupun pihak eksternal. Hal ini secara tidak langsung melatih skill komunikasi interpersonal dan intrapersonal seorang karyawan.
 
Selain itu, anturan kantor sedikit banyak akan membuat hidup lebih teratur. Pekerja kantoran sangat ketat dengan manajemen waktu sehingga membuat kamu jadi disiplin.
 
Lalu, apa dukanya menjadi seorang pegawai kantoran?


1. Kurangnya liburan

-
llustrasi karyawan kantoran (Pixabay/g-stockstudio)

 

Berbeda dengan non pekerja yang mempunyai banyak waktu luang untuk liburan, karyawan kantoran hanya memiliki waktu-waktu tertentu untuk melakukan traveling. 

Mereka biasanya hanya akan mendapat waktu libur di hari sabtu dan minggu atau hari libur nasional. Selain itu, masa liburan mereka juga bergantung dari cuti yang disetujui atasan. 
 
2. Pekerjaan yang monoton

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Kemnaker Luncurkan Program K3 Nasional 2024-2029

Kamis, 25 April 2024 | 21:56 WIB

3 Ayat Alkitab Tentang Masa Depan

Selasa, 16 April 2024 | 17:00 WIB
X