The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kisah Tukang Becak yang Bisa Naik Haji usai 30 Tahun Menabung, Kesabarannya Berbuah Manis!
Tukang becak yang naik haji setelah 30 tahun menabung. Instagram/@ridwankamil)
Life

Kisah Tukang Becak yang Bisa Naik Haji usai 30 Tahun Menabung, Kesabarannya Berbuah Manis!

Gigih cari nafkah.

Minggu, 17 Juli 2022 12:15 WIB 17 Juli 2022, 12:15 WIB

INDOZONE.ID - Bisa menunaikan haji adalah impian semua umat Muslim. Namun, untuk sebagian orang bisa menginjakkan kaki di Tanah Suci Mekkah tersebut bukanlah hal yang mudah karena biayanya yang tidak sedikit.

Banyak umat Muslim yang harus menabung hingga berpuluh-puluh tahun demi bisa menunaikan ibadah Haji. Pak Eme yang berprofesi sebagai tukang becak harus menabung hingga 30 tahun lamanya demi bisa berangkat haji ke Mekkah.

Dia harus membagi dua penghasilannya dari menarik becak. Setengah untuk makan keluarga dan setengah untuk menabung persiapan naik haji. Setiap hari, Pak Eme bersemangat mengayuh 10 km untuk mencari nafkah menarik becak di Majalengka, Jawa Barat.

Hingga akhirnya kesabarannya itu pun berbuah manis. Di tahun 2022 ini, Pak Eme dan istrinya bisa menunaikan ibadah haji setelah 30 tahun lamanya menunggu.

Baca juga: 7 Jamaah Haji Jabar Meninggal di Tanah Suci, Ridwan Kamil: yang Diimpikan Umat Muslim

Kegigihan Pak Eme ini pun mencuri perhatian Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Mereka kemudian diundang ke hotel untuk silaturahmi.

"Alhamdulillah, Allah SWT undang dan mudahkan Pak Eme dan Ma Icih istrinya untuk lolos berhaji tahun 2022 ini. Kemarin sempat kami undang ke hotel untuk silaturahmi. Yang datang kebetulan hanya Ma Icih istrinya," tulis Ridwan Kamil pada captionnya.

Menurut Ridwan Kamil, ada pesan yang bisa diambil dari kisah Pak Eme, tukang becak yang berangkat haji setelah 30 tahun menabung. Allah tidak memanggil orang-orang yang mampu tapi Allah memampukan orang-orang yang terpanggil.

"CERITA Pak Eme dan istri, tukang becak yang naik haji , meyakinkan bahwa Allah tidak memanggil orang-orang yang mampu tapi Allah memampukan orang-orang yang terpanggil. Semoga yang lainnya, Allah mudahkan berhaji, menyusul tukang becak dan tukang bubur yang lebih dulu naik haji. Aamiin," ujar Ridwan Kamil.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
Dina
Dina

Dina

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US