The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ratusan Anak Ponorogo Sukses Kumpulkan Uang Koin Sampai Rp300 Juta, Gimana Caranya?
Proses pengumpulan uang koin (Pramita Kusumaningrum/IDZ Creators)
Life

Ratusan Anak Ponorogo Sukses Kumpulkan Uang Koin Sampai Rp300 Juta, Gimana Caranya?

Selasa, 05 Juli 2022 16:10 WIB 05 Juli 2022, 16:10 WIB

INDOZONE.ID - Sebanyak 600 anak di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, memecahkan celengan bersama. Enggak disangka, total uang yang dikumpulkan mencapai Rp300 juta! Mereka terdiri dari 18 desa. Ratusan anak ini sudah setahun terakhir aktif menabung koin yang digagas Pemdes Bringinan, Kecamatan Jambon.

Kegiatan pecah celengan bersama ini dimulai sejak 1 hingga 6 Juli 2022. Dengan estimasi satu hari, ada 100 anak yang membuka celengan. 

pecah celengan massal
Anak-anak membawa celengan untuk dipecahkan bersama (Pramita Kusumaningrum/Z Creators)

Tim Z Creators, Pramita Kusumaningrum, sempat melihat proses pemecahan celengannya Senin (4/7/2022) kemarin. Ia melihat sendiri wajah bahagia anak-anak yang mengantre untuk memecahkan celengan mereka.

"Alhamdulillah dapat Rp500 ribu. Uangnya untuk beli buku cerita. Nabungnya saya rutin Rp1.000 sampai Rp2 ribu.” Ujar Faudiah, salah satu anak. 

Sementara, Kepala Desa Bringinan, Barno mengaku jika kegiatan ini sudah berjalan lima tahun lamanya. Nominal yang terkumpul tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya.

"Total keseluruhan tergantung banyaknya peserta mencapai 300 juta koin sepertinya. Tahun lalu saja Rp250 juta," tegas Barno.

pecah celengan massal
Pemecahan celengan dilakukan secara bertahap (Pramita Kusumaningrum/Z Creators)

Ketua Karang Taruna Desa Bringinan, Langgeng Hartoni menyatakan bahwa peserta rata-rata memecah celengan Rp800 ribu hingga Rp1 juta. Yang paling banyak adalah Rp3.3 juta. 

pecah celengan massal
Uang koin yang dikumpulkan panitia acara (Pramita Kusumaningrum/Z Creators)

Program menabung ini, lanjut Langgeng, cuma bisa diikuti oleh anak usia 5 hingga 12 tahun. Tujuannya untuk menanamkan cinta menabung demi masa depan.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators

TAG
Rini Puspita
Pramita Kusumaningrum
Pramita Kusumaningrum

Pramita Kusumaningrum

Community Writer
JOIN US
JOIN US