The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Keistimewaan Idul Adha yang Dirayakan Lebih Meriah dari Idul Fitri saat Zaman Rasulullah
Ilustrassi jamaah salat di masjid. (Iloveqatar)
Life

Keistimewaan Idul Adha yang Dirayakan Lebih Meriah dari Idul Fitri saat Zaman Rasulullah

Sama-sama dilaksanakan di bulan Dzulhijjah.

Minggu, 10 Juli 2022 05:00 WIB 10 Juli 2022, 05:00 WIB

INDOZONE.ID - Di Indonesia sendiri, Hari Raya Idul Fitri biasanya dirayakan lebih meriah dari Idul Adha. Idul Fitri sendiri merupakan simbol kemenangan atas perjuangan melawan nafsu selama berpuasa Ramadan.

Sementara itu, Idul Adha menjadi simbol perjuangan dalam melawan godaan dari kserakahan, kiki hingga rasa cinta berlebih terhadap gemerlap dunia yang semua hanyalah titipan.

Idul Adha sama istimewanya dengan Idul Fitri, bahkan di zaman Rasulullah Idul Adha justru dirayakan lebih meriah daripada Idul Fitri.

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Aceh yang Wajib Kamu Kunjungi saat Libur Hari Raya Idul Adha

Meski demikian, ada beberapa daerah yang justru perayaan Idul Adha-nya lebih meriah daripada Idul Fitri, salah satunya adalah Aceh. Saat Idul Adha, warga Aceh biasanya akan open house, bermaaf-maafanA bahkan menyediakan kue kering untuk tamu.

Sama-sama dilaksanakan di bulan Dzulhijjah, berikut keistimewaan idul Adha:

1. Pembuktian ketaatan kepada Allah SWT

Dikutip dari dompetdhuafa, perintah melaksanakan kurban merupakan salah satu bentuk ibadah yang dilakukan umat Islam untuk melatih ketakwaan dan ketaatan kepada Allah.

"Maka laksanakanlah shalat karena Tuhanmu, dan berkurban lah (sebagai ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah).” (QS. Al-Kautsar:2)

2. Bukan sekadar ritual menyembelih hewan

Kurban artinya kita siap merelakan harta yang dimiliki. Bukan sekadar ritual menyembelih hewan, perintah kurban bertujuan agar manusia bersedekah dan peduli sesama.

Idul Adha juga menjadi momen untuk berbagai kebahagiaan kepada kaum dhuafa yang kesehariannya kesulitan membeli daging. Tak hanya itu, kurban juga menjadi ajang pemberdayaan para peternak hewan kurban.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Dina
Abul Muamar

Abul Muamar

Editor
Dina

Dina

Writer
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US