The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

5 Aturan Unik yang Diterapkan oleh Sejumlah Perusahaan
Kiri: Ilustrasi tidur saat kerja (keranews.com). Kanan: Ilustrasi bermain game online saat kerja (Unsplash/@everywheresean)
Life

5 Aturan Unik yang Diterapkan oleh Sejumlah Perusahaan

Selasa, 02 Juni 2020 20:53 WIB 02 Juni 2020, 20:53 WIB

INDOZONE.ID - Siapa sangka, sejumlah perusahaan di dunia ternyata menerapkan aturan unik bekerja kepada seluruh karyawan mereka.

Setiap perusahaan menerapkan kebijakan atau peraturan tertentu untuk para karyawannya. Tujuan dibuatnya aturan tersebut juga demi mendapatkan output perusahaan secara maksimal.

Namun terkadang, ada beberapa perusahaan yang membuat peraturan ketat dan khusus kepada karyawan, bahkan aturan tersebut bisa dibilang unik.

Dirangkum Indozone dari berbagai sumber, berikut ini 5 aturan unik yang diterapkan oleh sejumlah perusahaan dunia:

1. Wajib Bermain Minimal Dua Jam Sehari

Gaming
photo/Ilustrasi/Unsplash

Sebuah perusahaan media massa multinasional bernama American On Line (AOL) di California, Amerika Serikat, membuat peraturan khusus super unik bagi para karyawannya.

Aturan uniknya yakni setiap karyawan diwajibkan bermain minimal dua jam dalam sehari, guna membuat pikiran dan badan mereka rileks setelah bekerja. Fasilitas permainan pun telah disediakan perusahaan seperti billiard, game online, dan lainnya.

2. Libur Untuk Karyawan Patah Hati

Patah hati
photo/Ilustrasi/Unsplash

Di Jepang, perusahaan Hime & Company memberikan cuti kantor bagi karyawan yang sedang patah hati. Mereka menyebutnya 'shitsuren kyuka' yang artinya cuti patah hati.

Menurut CEO Miki Hiradate, si pemilik perusahaan marketing tersebut, cuti patah hati diberikan karena hal itu dianggap serius. Kondisi patah hati bisa memperburuk hasil pekerjaan dan mengganggu mood karyawan lainnya.

3. Boleh Tidur Siang

Tidur di kantor
photo/keranews.com

Perusahaan elektronik di China memperbolehkan karyawannya untuk tidur siang. Tujuannya sederhana, supaya karyawan bisa memperbaiki produktivitasnya setelah mengerjakan pekerjaan menumpuk. Waktu tidur siang yang diberikan selama 30 menit.

4. Bebas Pilih Hari Libur

Weekend
photo/Ilustrasi/Pexels

Richard Branson, seorang miliuner dan pemilik perusahaan Virgin Group menerapkan kebijakan bekerja yang unik.

Perusahaan internasional itu memberikan tawaran kepada para pekerjanya untuk menentukan hari liburnya kapan saja dan mau berapa lama.

Namun, jatah bebas libur ini hanya untuk karyawan yang bekerja di kantor pusat Virgin Group di New York, London, Jenewa, atau Sydney.

5. Boleh Bawa Binatang Peliharaan ke Kantor

Pet
photo/Ilustrasi/Unsplash

Perusahaan bidang internet marketing di China mengizinkan karyawannya membawa hewan peliharaan ke kantor setiap hari.

Pimpinan perusahaan, Zhao Congchong mengatakan cara itu sangat efektif untuk menurunkan tingkat stres para karyawan dalam menghadapi tekanan bekerja.

Dengan membawa hewan peliharaan, perusahaan yakin para karyawan mereka akan bekerja lebih santai dan tidak tegang.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Rizka
Rizka

Rizka

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US