The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Rahasia Umur Panjang, Pentingnya Sikap Optimis
ilustrasi optimis (pexels/Hasan OUAJBIR)
Life

Rahasia Umur Panjang, Pentingnya Sikap Optimis

Membuat hidup kamu lebih kuat

Selasa, 03 September 2019 19:30 WIB 03 September 2019, 19:30 WIB

INDOZONE.ID - Banyak orang membicarakan tentang kekuatan berpikir positif, menurut penelitian ilmiah terbaru, pikiran positif akan membuat kamu lebih kuat. Studi terbaru yang diterbitkan dalam jurnal PNAS menemukan bahwa orang yang lebih optimis akan hidup lebih lama. 

Melansir dari bestlifeonline.com, para peneliti dari Fakultas Kedokteran, Universitas Boston menganalisis kesehatan fisik dan emosi dan kebiasaan gaya hidup sejumlah 69.744 wanita selama 10 tahun dan 1.429 pria selama 30 tahun. 

Hasilnya adalah, orang yang paling optimis memiliki usia rata-rata 11 hingga 15 persen lebih lama daripada orang yang pesimis. Penelitian tersebut juga menambahkan, orang yang optimis memiliki peluang hidup 50 hingga 70 persen lebih besar untuk mencapai usia 85 tahun. 

Kita semua tahu bahwa diet yang sehat dan olahraga teratur merupakan kunci umur panjang. Tetapi, semakin banyak penelitian yang menunjukkan bahwa penuaan yang sehat bukan hanya tentang apa yang kamu lakukan, tetapi juga tentang apa yang kamu rasakan. 

Dalam studi sebelumnya, tentang gaya hidup orang-orang tertua yang hidup di dunia mengidentifikasi empat ciri kepribadian yang mereka miliki, yaitu ikatan keluarga yang kuat, berpendirian teguh, etika nilai yang kuat, serta bersikap positif. 

Hingga kini, beberapa peneliti berspekulasi bahwa sikap positif akan membantu orang membuat pilihat sehat yang memengaruhi umur panjang, seperti tidak merokok dan minum alkohol. 

"Orang yang lebih optimis mungkin dapat mengatur emosi dan perilaku serta bangkit kembali dari stres dan kesulitan dengan lebih efektif," kata penulis studi senior, Laura Kubzansky, PhD, MPH, co-direktur Pusat Kesehatan dan Kebahagiaan dari Lee Kum Sheung di Harvard TH Sekolah Kesehatan Masyarakat Chan, seperti dikatakan dalam siaran pers. 

Kekuatan pikiran dan sikap positif memiliki manfaat yang baik untuk hidupmu. Terus latih untuk bisa menghasilkan pikiran yang positif setiap hari. 

TAG
Indozone
Indozone Media
Bela

Bela

Writer
Indozone Media

Indozone Life

Reporter

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US