Sering Emosi, Ini Tips Mengaturnya Agar Lebih Bijak dalam Bertindak
Ilustrasi seorang yang sedang menahan emosinya. (photo/Ilustrasi/Pexels/Kelvin Valerio)
Life

Sering Emosi, Ini Tips Mengaturnya Agar Lebih Bijak dalam Bertindak

Senin, 13 Januari 2020 00:51 WIB 13 Januari 2020, 00:51 WIB

INDOZONE.ID - Setiap orang pasti pernah merasakan emosi atau bad mood yang tidak normal. Suasana hati akan diwarnai dengan hal-hal yang tidak positif. Dan semangat akan menurun pada aktivitas sehari-hari. Untuk itu, kamu harus mengendalikan emosi agar tidak merugikan diri kamu sendiri. Nah, ini beberapa tips yang harus kamu tahu!

1. Ambil Nafas Dalam-dalam

nafas
(photo/Ilustrasi/Pexels/Kelvin Valerio)

Ketika sedang marah, atur pernafasan kamu supaya menurunkan emosi yang sedang memuncak. Kamu hanya perlu bernafas dalam-dalam dari hidung dan hembuskan dari mulut selama satu menit.

2. Beri Waktu untuk Berolahraga

berolahraga
(photo/Ilustrasi/Pexels/Burst)

Ambil beberapa waktu untuk menjalankan olahraga atau mendengarkan lagu favoritmu. Hal itu akan membantumu untuk menangkan saraf dan mengurangi sifat mudah marah.

3. Bersyukur

bersyukur
(photo/Ilustrasi/Pexels/Alexandro David)

Calain lain adalah bersyukur. Luangkan waktu kamu sejenak untuk fokus, lalu coba bersyukur. Cara ini akan membantu kamu mengendalikan amarah.

4. Hitung Mundur Waktu

menghitung waktu
(photo/Ilustrasi/Pexels/Matej)

Saat terpancing emosi, cara sederhana meredakannya kamu bisa mencoba untuk menghitung mundur dari 100. Dari waktu mundur itu dapat membantu detak jantung melambat dan rasa kemarahan pada dirimu akan mereda dengan sendirinya.

5. Memilih Diam

diam
(photo/Ilustrasi/Pexels/Kat Jayne)

Diam juga menjadi kunci amarah tidak semakin membesar. Tidak selalu harus menuruti perasaan marah untuk membara. Diam bisa menahan emosi yang sedang hadir pada diri kamu.

TAG
M. Rio Fani
M. Rio Fani

M. Rio Fani

Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU