The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Jumat Tanggal 13 atau Friday 13th Dianggap Hari Sial, Percaya?
Firday 13th (GULF NEWS)
Life

Jumat Tanggal 13 atau Friday 13th Dianggap Hari Sial, Percaya?

Mitos atau fakta?

Jumat, 13 Maret 2020 14:37 WIB 13 Maret 2020, 14:37 WIB

INDOZONE.ID - Apa yang ada dibenakmu tentang Jumat tanggal 13 atau biasa disebut Friday 13th? Momen ini sering dianggap sebagai hari sial sedunia, percaya?

Sebenarnya tak ada alasan logis untuk menyebut Friday 13th  sebagai hari sial. Sebab, ketakutan orang-orang itu dimulai sejak adanya film tahun 80an dengan adegan pembunuhan sadis yang dilakukan Jason Voorhees yang diangkat dari kisah nyata. 

Belum lagi jika menelisik kisah di zaman Alkitab yang menyebut Judas Iscariot menjadi orang ke-13 (penghianat Kristus) pada Perjamuan Terakhir yang diadakan pada Kamis Putih. Kemudian Yesus Kristus disalibkan pada hari berikutnya, yakni Jumat. 

Lalu pada hari Jumat juga Adam dan Hawa dilemparkan ke Bumi karena makan buah terlarang serta berbagai bencana besar juga terjadi di hari Jumat. Anggapan-anggapan seperti inilah yang membuat hari Jumat sebagai hari yang sakral. 

Friday
Friday 13 th (Amazon)

Dilansir Gulf News, Jumat (13/3/2020) perhitungan angka 13 dianggap sial karena angka sebelumnya yakni 12 disebut sebagai angka yang sempurna, yang meliputi 12 zodiak, 12 bulan dalam setahun dan 12 jam dalam siklus waktu. Sementara angka 13 dianggap sebagai angka sial yang tidak ada istimewanya. 

Di samping itu, anggapan buruk tentang tanggal 13 di hari Jumat turut memengaruhi psikologis seseorang yang sebelumnya tidak diyakini. 

"Umumnya kejadian buruk terjadi karena ada pikiran buruk yang muncul," kata Jane Risen, ilmuwan dari University of Chicago Booth Shool of Business. 


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Desika Pemita
Dinno Baskoro
JOIN US
JOIN US