Cara Tetap Produktif Saat “Slow Day” di Kantor

- Sabtu, 9 November 2019 | 08:11 WIB
Ilustrasi. (Pixabay/Rawpixel)
Ilustrasi. (Pixabay/Rawpixel)

Sebagian besar dari kita sering mengalami hari di mana kita sedang tidak punya banyak pekerjaan. Ketika kita mengalami hari tersebut, itulah saatnya dimana kita harus menjadi ekstra produktif dan tetap bekerja. 

Produktif bekerja tidak harus melulu mengerjakan tugas dari atasan atau dari klien. Tapi, kamu tetap bisa produktif dalam bekerja disaat kamu memiliki hari senggang. 

Berikut 5 cara untuk tetap produktif saat 'slow day' di kantor :

1. Get Organised

-
Ilustrasi. (Pixabay/Free Photos)

Kamu tahu trilyunan email yang ada di inbox kamu? Inilah saatnya untuk memilah-milah email itu. Tatalah email tersebut kedalam folder-folder yang tepat, hapuslah junk mail, dan arsipkan email yang sudah dikerjakan. Ketika kamu sudah melakukannya, rapikan file di computer juga. 

Hal ini tidak hanya akan memudahkan kamu, tapi juga akan menambah daya simpan dan mempercepat komputer kamu. Sangat mengejutkan betapa cepatnya file-file itu menumpuk.

2. Bersihkan Meja 

-
Ilustrasi. (Pixabay/Free Photos)

Jika kamu seperti kebanyakan orang saat bekerja, kamu akan cenderung punya bermacam-macam kertas, majalah dan brosur yang menumpuk di atas meja. Kebanyakan benda tersebut akan tetap ditempatnya selama berbulan-bulan (bahkan bertahun-tahun). 

Ya, inilah kesempatan kamu untuk membersihkan meja. Mejamu akan menjadi seperti tempat kerja baru saat kamu selesai membersihkannya.

3. Membuat Daftar yang Harus Dikerjakan Minggu Depan

-
Ilustrasi. (Pixabay/Lumenbrite)

Merencanakan kerja jauh-jauh hari adalah cara terbaik untuk melacak tugas-tugas dan tetap mengutamakan yang terpenting. Manfaatkan hari santai kamu untuk membuat daftar pekerjaan minggu depan. 

Meninjau tugas-tugas kamu untuk minggu berikutnya juga membantu kamu untuk bersiap-siap secara mental dan menjaga hal-hal berjalan dengan lancar.

4. Perbarui Catatan Pencapaian 

-
Ilustrasi. (Pixabay/Hamonazaryan)

Jika kamu belum punya, inilah saatnya untuk membuat buku harian untuk mencatat dan melacak pencapaian kamu selama ini. Hal ini tidak hanya berguna untuk review kinerja, akan tetapi juga dapat menjadi referensi yang berguna saat kita perlu untuk memperbarui resume di masa yang akan datang. 

Kita seringkali berjuang untuk mengingat, tepatnya apa yang kita sudah capai selama bertahun –tahun. Membuat daftar pencapaian tersebut secara berkala adalah pengingat yang baik akan sampai sejauh apa kita saat ini, dari saat pertama kali kita memulai karir kita.

5. Tinjau Perkembangan Karir 

-
Ilustrasi. (Pixabay/geralt)

Membuat daftar kemajuan karir kamu itu penting. Evaluasi apa yang telah kamu pelajari dan capai, sejak kamu memulai pekerjaan kamu saat ini dan refleksikan apakah kamu menuju kearah yang tepat. Jika kamu stagnan sepanjang jalan, saat ini akan menjadi saat yang baik untuk bertanya pada diri kamu sendiri penyebabnya. Dan mulailah membuat tujuan-tujuan baru untuk kembali ke jalur yang benar. 

Nah guys, akan selalu ada sesuatu yang produktif yang bisa kita lakukan saat ada jeda dalam hari kerja kita.

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Administrator

Terkini

3 Ayat Alkitab Tentang Masa Depan

Selasa, 16 April 2024 | 17:00 WIB

5 Contoh Hak Siswa di Sekolah yang Kamu Harus Tau!

Kamis, 11 April 2024 | 09:10 WIB
X