The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Lulusan S1 Pilih Jualan Rengginang Kini Jadi Pengusaha Sukses, Gaji Sarjana Lewat!
Proses pembuatan rengginang (Rivo Wijaya/IDZ Creators)
Life

Lulusan S1 Pilih Jualan Rengginang Kini Jadi Pengusaha Sukses, Gaji Sarjana Lewat!

Senin, 20 Juni 2022 14:57 WIB 20 Juni 2022, 14:57 WIB

INDOZONE.ID - Berawal dari usaha keluarga dan resep turun temurun, seorang Ibu bernama Titik Insuwarti yang merupakan Sarjana Hukum Islam (SHI) asal Ponorogo, Jawa Timur berhasil kantongi uang puluhan juta dari usaha rengginang di Jalan Mahang No 11, Kelurahan Pematang Kapau, Kecamatan Kulim, Pekanbaru, Riau.

rengginang khas ponorogo
Titik dan karyawannya membuat rengginang khas Ponorogo (Rivo Wijaya/IDZ Creators)

Omzet yang fantastis itu didapat Titik karena produknya sudah mengisi hampir 400 toko oleh-oleh yang tersebar di Provinsi Riau. Mulai dari Bengkalis, Pakning, Siak, Pekanbaru, Duri, Dumai, Kerinci, Pelawan, Sorek, Bangkinang dan Kampar.

"Ini merupakan usaha keluarga dan resep turun temurun. Dulu awalnya saya mulai buka usaha ini di Bengkalis, Riau pada tahun 2009, karena kendala di sana airnya bergantung pada air hujan, dan tidak mencukupi untuk produksi akhirnya pada 2019 kami pindah ke Pekanbaru dan buka di sini," ungkap Titik kepada Tim IDZ Creators, Rivo Wijaya, Sabtu (18/6/2022).

Untuk pembuatan rengginang, Titik mengaku menggunakan beras ketan putih super yang ia cuci terlebih dahulu lalu direndam selama 4 jam.

Proses pembuatannya memakan waktu hingga dua hari, karena adonan yang telah direndam harus dimasak setengah matang, lalu diberi bumbu dan garam, seterusnya baru di jemur lebih kurang dua hari sampai benar-benar kering, baru digoreng.

"Kalau untuk rasa, kita memiliki empat macam rasa, yang pertama rasa gurih manis, kemudian rasa terasi, bawang dan ebi. Sedangkan untuk harga satu bungkusnya yaitu Rp15 ribu," terangnya.

Setiap hari rumah produksi Titik bisa menghabiskan minimal 25 kilogram beras ketan putih untuk membuat 112 bungkus rengginang.

Namun jumlahnya bisa lebih tergantung banyaknya pesanan. Semuanya dikerjakan oleh tiga orang karyawan tetap.

"Kalau untuk karyawan kita mempunyai tiga orang yang tetap. Tetapi kalau permintaan lagi banyak, biasanya kita mencari orang tambahan sekitar satu hingga dua orang, dan biasanya itu warga sekitar," jelasnya.

rengginang khas ponorogo
Pembuatan rengginang usaha rumahan, omzetnya puluhan juta (Rivo Wijaya/IDZ Creators)

Saat ditanya jumlah omzet dalam sebulan, Titik mengaku kalau ia bisa mengantongi Rp35 juta sampai Rp40 juta per bulan.

Ke depannya, Titik berharap usahanya bisa tambah maju dan berkembang sehingga ia bisa mewujudkan keinginan orang tuanya untuk mendirikan rumah Tahfiz Al-Qur'an dan bisa terus membiayai orang-orang Majelis Taklim yang telah berjalan selama dua tahun ini.

Buat yang ingin membeli Rengginang Khas Ponorogo buatan Titik, kamu bisa bisa langsung ke tempat pembuatannya atau pesan via online dengan menghubungi nomor 085257119994.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join IDZ Creators dengan klik di sini

IDZ Creators
IDZ Creators

TAG
Rini Puspita
Rivo Wijaya
Rivo Wijaya

Rivo Wijaya

Community Writer
JOIN US
JOIN US