The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kehilangan 7.500 Bitcoin di Hard Drive, Pria Ini Buat Sayembara dengan Hadiah Rp1 Triliun
Kiri: James Howells. (Photo/Daily Star) Kanan: Ilustrasi Bitcoin. (Photo/Ilustrasi/Pexels)
Life

Kehilangan 7.500 Bitcoin di Hard Drive, Pria Ini Buat Sayembara dengan Hadiah Rp1 Triliun

Jumat, 15 Januari 2021 20:56 WIB 15 Januari 2021, 20:56 WIB

INDOZONE.ID - Seorang pekerja Information technology (IT) yang bernama James Howells belakangan ini menawarkan kepada anggota dewan di tempatnya untuk menemukan hard drive yang berisi 7.500 Bitcoin yang jika ditotalkan menjadi Rp4.203.419.000.000.

Pria berusia 35 tahun itu diketahui menyimpan 7.500 Bitcoin di komputernya pada tahun 2009 ketika mata uang digital praktis tersebut tidak lagi berharga.

Dia kemudian mengingat bahwa dirinya pernah menyimpang barang tersebut dan secara tidak sengaja membuang hard drive di tempat pembuangan sampah di dekat rumahnya di Newport, Wales pada 2013.

bitcoing
James Howells. (Photo/Daily Star)

Kini harga keseluruhan dari Bitcoin yang disimpannya telah mencapai sekitar £220 juta atau Rp4.203.419.000.000.

Jamer yang merupakan insinyur IT itu sebelumnya telah meminta dewan setempat untuk mencari hard drivenya di tempat pembuangan sampah kota. Meski begitu, permintaannya terus ditolak.

bitcoin
James Howells. (Photo/Daily Star)

Dia bahkan membuat sayembara dengan memberikan 25 persen dari £220 juta atau sekitar £55 juta yang setara dengan Rp1 triliun. Uang tersebut menjadi insentif bagi orang yang menemukannya.

Baca juga: Jadi Calon Kapolri Listyo Sigit Punya Kemampuan Komunikasi yang Baik

Meski telah membuat kesepakatan tersebut, Ketua Dewan setempat mengatakan bahwa mereka telah terikat oleh izin lisensi.

"Saya memiliki dua hard drive yang sama dan saya membuang yang salah. Saya tahu saya bukan satu-satunya orang yang pernah melakukan kesalahan, tetapi biasanya tidak menghabiskan biaya lebih dari £200 juta," kata dia, dilansir dari Daily Star, Jumat (15/1/2021).

"'HARUS TERTAWA?' Saya harus menertawakannya sekarang karena apa lagi yang bisa saya lakukan? Ada pot emas untuk seseorang di ujung pelangi dan ujung itu ada di tempat pembuangan sampah," katanya.

bitcoin
James Howells. (Photo/Daily Star)

Ayah dua anak ini menganggap hard drive masih dalam kondisi cukup baik untuk mengambil file Bitcoin, bahkan setelah tujuh tahun.

"Tidak ada jaminan itu karena lingkungannya, tetapi ada hal-hal yang memberi saya kepercayaan diri," terangnya.

"Kotak luar mungkin berkarat. Tapi di dalam disk, tempat data disimpan, kemungkinan besar masih berfungsi. Saya yakin masih ada peluang. Tapi semakin lama hal ini berlarut-larut, kemungkinannya kecil," harapnya.

"Akan ada suatu titik ketika file di mesin itu bernilai lebih dari satu miliar pound - sikap dewan tidak memperhitungkan, itu tidak masuk akal," tutupnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Kana
M. Rio Fani
Kana

Kana

Editor
M. Rio Fani

M. Rio Fani

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US