The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Pekan UTBK Masuk Kampus, Begini Perbedaan Tes Masuk Perguruan Tinggi Dahulu dan Sekarang
Gedung Rektorat Universitas Indonesia. ANTARA/HO-Humas UI/am.
Life

Pekan UTBK Masuk Kampus, Begini Perbedaan Tes Masuk Perguruan Tinggi Dahulu dan Sekarang

Rabu, 18 Mei 2022 15:30 WIB 18 Mei 2022, 15:30 WIB

INDOZONE.ID - Sepanjang pekan ini merupakan masa tes untuk para siswa/i SMA yang akan melanjutkan pendidikan mereka ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Dalam pelaksanaan di tahun 2022, tes masuk PTN dilaksanakan secara online dengan menerapkan metode Ujian Tulis Berstandar Komputer (UTBK).

UTBK merupakan bentuk dari kemajuan teknologi masa kini yang dimanfaatkan pemerintah untuk melaksanakan ujian masuk bagi calon mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri.

Baca Juga: Sebanyak 9.863 Peserta Ikut Ujian Jalur Mandiri & Diploma USU, Terapkan Protokol Kesehatan

Dilansir Antaranews, pelaksanaan ujian masuk masa kini sangat jauh dibandingkan dengan masa dahulu. Dimana proses pelaksanaan ujian cukup memakan waktu panjang dan juga tempat.

Para calon mahasiswa nantinya akan mengikuti serangkaian ujian dengan mengisi kertas lembar jawaban yang diisi menggunakan pensil 2B. Calon mahasiswa juga harus menunggu hasil pemeriksaan ujian dengan waktu berkisar dua minggu hingga satu bulan lamanya.

Ujian masuk PTN dulu dan sekarang
Ilustrasi - Peserta mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/foc)

Berbeda dengan masa kini, dimana calon mahasiswa nantinya akan mengisi jawaban atas ujian yang disajikan dengan mengisi lembar jawaban digital yang tertera di tampilan komputer.

LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) terus mengembangkan dan menyesuaikan dengan kemajuan teknologi yang ada dalam melakukan seleksi calon mahasiswa yang akan melanjutkan pendidikan mereka di PTN PTN bergengsi di seluruh Indonesia.

Hasil ujian mereka pun tak harus menunggu lama, sebab calon mahasiswa langsung mengetahui hasil yang mereka peroleh setelah ujian selesai dilaksanakan.

Namun, meski begitu para calon mahasiswa nantinya juga akan menunggu hasil pengumuman resmi dari LTMPT mengenai nama-nama yang dinyatakan lulus untuk menjadi mahasiswa di setiap PTN.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Abdul Fattah
JOIN US
JOIN US