The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

7 Cara Mengatasi Patah Hati karena Putus Cinta
Ilustrasi patah hati karena cinta (photo/unsplash/@kylebroad)
Life

7 Cara Mengatasi Patah Hati karena Putus Cinta

Kamis, 23 September 2021 00:20 WIB 23 September 2021, 00:20 WIB

INDOZONE.ID - Putus cinta tentu menimbulkan patah hati bahkan bisa menyebabkan sebagian orang merasakan trauma yang cukup membekas.

Biasanya, patah hati akan membuat seseorang jadi sering galau, bad mood, gagal fokus, susah tidur, enggak nafsu makan, dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Agar rasa sedih enggak berlarut-larut, cara mengatasi patah hati karena putus cinta bisa dicoba supaya kegalauan dapat berlalu.

Cara Mengatasi Patah Hati karena Putus Cinta

Kalau kamu sedang patah hati, Indozone punya beberapa cara mengatasi patah hati karena putus cinta untuk menghilangkan kegalauan agar cepat move on.

1. Lakukan kegiatan menyenangkan


cara mengobati sakit hati
Ilustrasi melakukan kegiatan menyenangkan (photo/unsplash/@vidarnm)

Agar kegalauan bisa diatasi, carilah kesibukan dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan atau yang sesuai dengan hobi kamu.

Misalnya bermain musik, mengikuti kelas masak, mengambil kursus bahasa korea, menonton film komedi, memelihara hewan lucu, dan merawat tanaman hias.

Selain mampu menghilangkan patah hati, kegiatan menyenangkan ini juga bisa menambah keterampilan kamu.

2. Merawat diri sendiri


cara mengatasi patah hati menurut psikolog
Ilustrasi merawat diri sendiri (photo/unsplash/@raphaellovaski)

Kalau selama ini kamu kurang peduli dengan penampilan, patah hati adalah momen yang tepat untuk merawat diri sendiri dengan lebih baik.

Cara mengatasi patah hati menurut psikolog ini sangat bermanfaat untuk menghibur diri agar kamu enggak tenggelam berlarut-larut dalam kesedihan.

Kamu bisa mengunjungi salon kecantikan, melakukan sauna dan spa, olahraga di pusat kebugaran, atau mencoba skincare baru.

3. Jelajahi tempat baru


cara atasi patah hati
Ilustrasi menjelajahi tempat baru (photo/unsplash/@anthonytran)

Menjelajahi tempat baru bukan hanya dapat menambah pengalaman seru, melainkan juga bisa meningkatkan kesehatan mental dan fisik kamu.

Berdasarkan sebuah penelitian, menghabiskan waktu selama dua jam di luar rumah dalam waktu seminggu bisa memperbaiki suasana hati agar kamu kembali bersemangat menjalani hidup.

Mengunjungi destinasi wisata, restoran baru, pusat perbelanjaan, atau pertunjukan musik bisa menjadi pilihan yang tepat.

4. Perluas pergaulan


cara menghilangkan patah hati
Ilustrasi memperluas pergaulan (photo/unsplash/@heftiba)

Kamu boleh saja menenangkan diri dan melakukan introspeksi, namun jangan memutus interaksi dengan orang lain, apalagi terlalu sering menyendiri.

Saat-saat seperti ini sebenarnya kamu perlu memperbanyak bersosialisasi agar kamu tak melulu tenggelam dengan suasana hati yang sendu.

Bergabung dengan klub olahraga, ikut komunitas sepeda, atau download aplikasi kencan bisa jadi cara menghilangkan patah hati yang efektif.

5. Berdamai dengan keadaan


cara menghilangkan sakit hati karena cinta
Ilustrasi berdamai dengan keadaan (photo/unsplash/@omidarmin)

Saat awal-awal merasakan patah hati, kamu mungkin cenderung sulit menerima kenyataan bahwa hubungan kalian sudah berakhir.

Namun, seiring berjalannya waktu, kamu akan berpikir bahwa berdamai dengan keadaan adalah pilihan terbaik yang bisa kamu lakukan.

Pahamilah bahwa keputusan ini telah menyelamatkan kamu dari masalah buruk lainnya, entah itu karena orang ketiga, perilaku kasar, atau kebiasaan berbohong.

6. Bersikap realistis


cara mengatasi patah hati
Ilustrasi realistis (photo/unsplash/@raduflorin)

Bersikap realistis juga termasuk cara mengatasi patah hati paling ampuh yang harus kamu lakukan supaya bisa bangkit dari keterpurukan.

Sadarilah bahwa tidak semua jalinan asmara berakhir bahagia seperti kisah cinta putri dan pangeran dalam negeri dongeng.

Jangan hanya mengingat kenangan indah selama kalian bersama, namun resapi kembali hal-hal buruk yang pernah terjadi selama ini.

Tindakan ini akan membuka pikiran kamu bahwa hubungan kalian memang tidak seindah itu. Dengan demikian, keraguan dan penyesalan kalian dapat berkurang.

7. Ubah pandangan tentang cinta


patah hati
Ilustrasi mengubah pandangan tentang cinta (photo/unsplash/@wx1993)

Ada kalanya patah hati mengajari kamu tentang makna cinta yang sesungguhnya. Kamu akan tersadar bahwa cinta tak harus dibagi dengan kekasih, tetapi juga keluarga, sahabat, dan yang paling utama diri kamu sendiri.

Pastikan kamu mencintai diri sendiri dengan maksimal sebelum mencintai orang lain. Dengan mencintai diri sendiri, kamu jadi tidak mudah membiarkan orang lain menyakitimu.

Merasakan patah hati juga membuat kamu mengerti kalau enggak semestinya kamu memberikan 100% hati kepada orang yang belum pasti berjodoh denganmu. Jadi, cintai orang lain secukupnya, ya.


Nah, itulah cara mengatasi patah hati karena cinta yang bisa kamu lakukan supaya cepat move on. Semoga berhasil, ya!

Artikel Menarik Lainnya:

Fahrizal Daulay
Indriyana
JOIN US
JOIN US