The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Penuh Liku, Ini Kisah Hidup Glenn Fredly
Glenn Fredly. (Instagram/@glennfredly309)
Life

Penuh Liku, Ini Kisah Hidup Glenn Fredly

Ini kisahnya.

Kamis, 09 April 2020 06:53 WIB 09 April 2020, 06:53 WIB

INDOZONE.ID - Dunia musik tanah air kini tengah berduka setelah kehilangan salah satu seniman terbaiknya, Glenn Fredly, yang menghembuskan napas terakhir pada Rabu (8/4/2020). Musisi bernama lengkap Glenn Fredly Deviano Latuihamallo tersebut meninggal dunia setelah kritis dan dirawat di RS Setia Mitra Fatmawati, Jakarta.

Belum diketahui pasti penyebab meninggalnya Glenn Fredly. Namun santer dikabarkan pria yang baru saja menjadi seorang ayah itu terkena meningitis atau radang selaput otak.

Nama besar dari musisi Glenn Fredly tentu menyisakan begitu banyak kenangan, pria keturunan Maluku kelahiran 30 September 1975 ini betul-betul memiliki cerita perjuangan dalam merintis karier yang sungguh inspiratif.

Perjalanan Karier

Penuh Liku, Ini Kisah Hidup Glenn Fredly
Glenn Fredly. (Instagram/@glennfredly309)

Ia memulai dari memenangkan beragam kompetisi menyanyi sebelum membawanya pada karir musiknya yang begitu cemerlang. Sejumlah prestasi berhasil ditorehkan, misalnya saja pada tahun 1995 ia memenangkan kompetisi menyanyi 'Cipta Pesona Bintang', yang mana di tahun berikutnya namanya tercatat sebagai finalis di Asia Song Festival.

Pada tahun 1998 Glenn yang tadinya tergabung dalam grup band beraliran rock Funk Section, memutuskan untuk meninggalkannya dan memilih kariernya sebagai penyanyi solo RnB. Di tahun itu ia melahirkan album pertamanya bertajuk 'GLENN' dan terjual sekitar 50 ribu kopi.

Dua tahun kemudian, tepatnya tahun 2000 Glenn melahirkan album solo keduanya bertajuk 'Kembali' dengan salah satu single yang begitu hits yakni 'Kasih Putih'. 

Semakin meroket prestasi ia raih, pada tahun 2001 ia mendapatkan posisi 3 pada Asia Dauzy International Song Festival yang digelar di Rusia. Kemudian tak henti-hetinya Glenn mengguncang musik Tanah Air, album ke-3 bertajuk 'Selamat pagi Dunia' ia luncurkan dengan salah satu lagu berjudul 'Januari' yang membuat namanya semakin dikenal dan diakui.

Setelahnya Glenn tak seolah tak pernah lelah untuk berkarya hingga tercatat ada sekitar belasan album yang pernah ia buat.

Lagu Terbaik

Penuh Liku, Ini Kisah Hidup Glenn Fredly
Glenn Fredly. (Instagram/@glennfredly309)

Kalau ditanya lagu terbaik, rasanya hampir semua lagu-lagu yang ia ciptakan selalu berhasil mendapatkan ruang di hati pendengarnya. Namun, ada beberapa lagu yang beliau ciptakan yang menorehkan sejumlah prestasi dan mendapatkan penghargaan di AMI Award.

Misalnya saja lagunya berjudul 'Kasih Putih' yang membawanya sebagai Artis Solo Pria R&B Terbaik dan Karya Produksi Urban Terbaik pada tahun 2001, 'When I fall in love' yang juga menyabet 2 penghargaan yakni Karya Produksi Lagu Berbahasa Asing Terbaik dan Tim Produksi terbaik pada tahun 2006.

Karyanya berjudul 'Tega' yang menghantarkannya ke karya Produksi Jazz Terbaik di tahun yang sama, hingga lagu kolaborasinya berjudul 'Adu Rayu' yang tahun 2019 lalu menyabet sejumlah penghargaan, yakni Karya Produksi Kolaborasi Terbaik dan Karya Produksi Terbaik Terbaik.

Kisah Asmara

Penuh Liku, Ini Kisah Hidup Glenn Fredly
Foto pernikahan Mutia Ayu dan Glenn Fredly.(Instagram/@mutia_ayuu)

Soal kisah asmara, penyanyi dengan suara merdu ini pernah menikahi seorang penyanyi cantik Dewi Sandra pada 3 April 2006 di Bali, sayang kisah cinta yang mereka rajut harus kandas karena perceraian yang diputuskan pada tahun 2009.

Kemudian setelah 10 tahun peristiwa tersebut, Glenn kembali memulai membangun bahtera Rumah Tangga dengan Mutia Ayu pada tahun 2019 dan Februari 2020 lalu menjadi hari besar untuk keduanya setelah buah hati keduanya terlahir ke dunia.

Kini kisahnya perjalanan hidupnya telah berakhir, banyak penggemar kehilangan sosoknya. Selamat jalan Bung Glenn Fredly, semua karya yang pernah kau lahirkan akan selalu kami ingat!

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fauzi
Yulia Marianti
Fauzi

Fauzi

Editor
JOIN US
JOIN US