The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Memiara Ikan di Akuarium Sempit Adalah Tindakan Kejam, Bikin Ikan Stres dan Cepat Mati
Ilustrasi ikan dalam akuarium kecil. (Shutterstock/Luis Padilla)
Life

Memiara Ikan di Akuarium Sempit Adalah Tindakan Kejam, Bikin Ikan Stres dan Cepat Mati

Minggu, 23 Januari 2022 09:34 WIB 23 Januari 2022, 09:34 WIB

INDOZONE.ID - Bagi sebagian orang, memiara ikan adalah hal yang menyenangkan. Ikan dipiara di dalam akuarium dan dijadikan hiasan ruangan atau "bahan untuk dilihat-lihat".

Namun kini, sudah saatnya hobi yangs satu ini juga memerhatikan aspek keperibinatangan, termasuk kesehatan ikan. Sebab, pada dasarnya, akuarium bukanlah habitat asli ikan. 

Karenanya, memiara ikan di akuarium juga perlu memperhitungkan faktor kebahagiaan ikan tersebut. Untuk masalah yang satu ini, akuarium berukuran kecil atau sempit tidak dianjurkan.

Menyadari hal tersebut, vendor akuarium Prancis terkemuka memutuskan untuk berhenti menjual akuarium mangkuk ikan berbentuk bundar karena membuat ikan stres dan membuatnya cepat mati.

Pemimpin pasar perawatan hewan peliharaan Prancis AgroBiothers Laboratoire menyampaikan bahwa pihaknya tidak akan lagi menjual akuarium apa pun dengan kapasitas kurang dari 15 liter dan hanya yang berbentuk persegi panjang.

"Menempatkan ikan dalam mangkuk kecil tanpa penyaringan dan oksigenasi adalah kekerasan terhadap hewan," kata CEO AgroBiothers, Matthieu Lambeaux seperti dilansir Reuters, Minggu (23/1/2022).

Lambeaux menyadari bahwa memelihara ikan di aquarium pada dasarnya adalah tindakan yang sangat antroposentris, yakni semata demi kesenangan manusia.

"Orang-orang membeli ikan mas untuk anak-anak mereka secara impulsif, tetapi jika mereka tahu betapa menyiksanya itu, mereka tidak akan melakukannya. Berputar-putar dalam mangkuk kecil membuat ikan gila dan membunuh mereka dengan cepat," kata Matthieu Lambeaux.

Untuk diketahui, ikan emas dapat hidup hingga 30 tahun dan bertumbuh hingga sekitar 25 cm di habitat aslinya ataupun di akuarium besar atau kolam luar ruangan, tetapi dalam mangkuk kecil ikan mas akan mati hanya dalam beberapa pekan atau bulan.

"Ikan mas adalah hewan sosial yang butuh ditemani ikan lain, ruang yang luas dan air bersih, serta orang yang punya akuarium membutuhkan peralatan dan keahlian minimal," jelas Lambeaux.

Jerman dan beberapa negara Eropa lain telah lama melarang penggunaan mangkuk ikan ikan memiara ikan, namun Prancis tak punya undang-undang mengenai masalah ini sehingga masalah ini terus terjadi sampai hari ini.

"Kami tidak dapat mendidik semua pelanggan kami untuk menjelaskan bahwa menyimpan ikan dalam mangkuk itu kejam. Kami menganggap itu adalah tanggung jawab kami untuk tidak lagi memberi konsumen pilihan itu," kata Lambeaux.

AgroBiothers, yang memiliki pangsa pasar Prancis produk perawatan hewan peliharaan sekitar 27 persen, menjual sekitar 50.000 mangkuk ikan per tahun dengan harga sekitar 20 euro per potong di tahun-tahun sebelumnya.

“Ada permintaan akan mangkuk ikan, tetapi kenyataannya yang kami tawarkan kepada anak-anak adalah melihat ikan mas mati perlahan-lahan,” kata Lambeaux.

Artikel menarik lainnya:

Jelang MotoGP Mandalika 2022, Pembenahan Sirkuit dan Infrastruktur akan Rampung 14 Maret

IBL 2022, Pelita Jaya Bakrie Jakarta Masih di atas Angin

Mike Tyson Tepis Kabar Duel dengan Jake Paul

TAG
Abul Muamar
Abul Muamar

Abul Muamar

Editor
JOIN US
JOIN US