The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Tamasya ke Alam Dapat Bantu Jaga Kewarasan Selama Pandemi Covid-19 
Ilustrasi jalan-jalan ke alam. (Freepik).
Life

Tamasya ke Alam Dapat Bantu Jaga Kewarasan Selama Pandemi Covid-19 

Menurut sebuah studi.

Minggu, 22 November 2020 16:02 WIB 22 November 2020, 16:02 WIB

INDOZONE.ID - Kelamaan di rumah karena pandemi Covid-19 dan tak bisa bersosialisasi tentunya akan membuat siapapun terserang stres berat. Apalagi beberapa pusat hiburan di kota masih sangat ketat karena PSBB.

Untuk membuat kewarasan tetap terjaga, kadang kala perlu berjalan-jalan di alam bebas. Tak perlu jauh-jauh, tapi bisa juga jalan-jalan di lokasi yang alami di sekitar Anda.

Melansir Antara, sebuah studi dalam jurnal Ecological Applications menunjukkan bila suasana alam di sekitar rumah seseorang dapat membantunya mengurangi beberapa efek kesehatan mental negatif dari pandemi Covid-19.

Temuan ini didasarkan pada sebuah survei yang melibatkan 3.000 orang dewasa di Tokyo, Jepang. Peneliti mengamati hubungan antara depresi, kepuasan hidup, kebahagiaan subjektif, penghargaan diri dan kesepian dengan frekuensi penggunaan ruang hijau.

Baca Juga: Amankah Berolahraga saat Udara Berkualitas Buruk?

Mereka menemukan, pemanfaatan ruang hijau yang lebih sering termasuk melihat pemandangan hijau dari jendela rumah berhubungan dengan peningkatan tingkat penghargaan diri, kepuasan hidup, kebahagiaan subjektif, serta penurunan tingkat depresi dan kesepian.

"Alam sekitar bisa berfungsi sebagai penyangga untuk mengurangi dampak merugikan peristiwa yang sangat menegangkan pada manusia," kata penulis utama studi, Masashi Soga dari The University of Tokyo seperti dilansir dari Science Daily, Minggu.

Selain itu, pakar kesehatan di Harvard Medical School, Jason Strauss menuturkan, berinteraksi dengan alam menawarkan manfaat terapeutik yang menenangkan, menurunkan tekanan darah dan kadar hormon stres kortisol baik itu dari aspek visual maupun suara.

"Pepohonan dan tanaman hijau membantu mengalihkan pikiran Anda dari pemikiran negatif, sehingga pikiran Anda tak dipenuhi dengan kekhawatiran," tutur dia dalam laman resmi Harvard Medical School.

Waktu Anda bersama alam bisa sesederhana berjalan-jalan setiap hari di taman atau di jalan setapak yang masih banyak pepohonannya. Anda bisa juga sembari bersepeda. Tetapi ingatlah untuk menerapkan protokol kesehatan yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fiddy Anggriawan
M Fadli

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US