The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Tips Ampuh Mengatasi Pelecehan Mental di Lingkungan Kerja
Ilustrasi pekerja wanita. (Pexels/@wayhomestudio)
Life

Tips Ampuh Mengatasi Pelecehan Mental di Lingkungan Kerja

Rabu, 29 Juni 2022 14:22 WIB 29 Juni 2022, 14:22 WIB

INDOZONE.ID - Lingkungan kerja yang tidak sehat seringkali membuat seseorang merasa tertekan bahkan membuat seseorang jadi tidak percaya diri. Tak jarang hal tersebut juga bisa mengganggu konsentrasi.

Mempermalukan, mengucilkan hingga mengancam orang lain sendiri termasuk pelecehan mental atau emosional dan ini seringkali ditemui di lingkungan kerja yang tidak sehat.

Namun, meski demikian, kamu tidak boleh menyerah begitu saja. Ada beberapa tips ampuh untuk kamu agar mengatasi pelecehan mental di lingkungan kerja, yuk simak ulasan berikut!

1. Mengontrol

Stres dan kecemasan muncul di luar kendali kita. Situasi ini bisa membuat kita menurunkan kepercayaan diri kita. Itulah sebabnya sangat penting untuk memahami dan mengidentifikasi aspek situasi dan mengendalikannya sejak awal.

Kamu bisa menceritakan mengenai kondisi mentalmu ke atasan atau rekan kerja yang dipercaya. Dengan begitu, kamu tidak perlu memendam perasaan sendiri.

Baca juga: Tips Hadapi Toxic People di Lingkungan Kerja

2. Berani katakan tidak

Mengambil sikap dan berani mengatakan tidak juga merupakan bagian dari menjaga kesehatan mental. Jika ada rekan kerja yang sudah melewati batas, kamu bisa memberi 'kode' bahwa dirimu tidak nyaman.

Bersikap tegas dan jujur dalam berbicara mencegah pelecehan mental di lingkungan kerja. Namun, bila kamu diam dalam waktu yang lama, itu justru tidak akan membuat si pelaku pelecehan mental berhenti.

3. Membangun jaringan

Sangat penting untuk berhubungan dengan karyawan lain yang juga mengalami hal yang sama. Ajak mereka bekerjasama untuk melawan ketidakadilan yang terjadi di tempat kerja.

Dokumentasikan percakapan yang mereka lakukan dengan pelaku pelecehan mental. Semakin banyak bukti yang dikumpulkan, semakin jelas pola pelecehan mental yang akan didiagnosis.

4. Tetapkan batasan verbal

Buat daftar fakta dan coba caritahu bagaimana atasan memperlakukan kamu dari tempat yang objektif. Kurangi bicara sampai kamu apa yang diinginkan pelaku pelecehan mental terhadap dirimu.

Usahakan juga untuk tidak terlibat argumen apa pun karena itu hanya akan membuat kekacauan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Dina
Abul Muamar

Abul Muamar

Editor
Dina

Dina

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US