Sering Kesiangan Bangun Sahur? Ikuti 5 Tips Sederhana Ini
Ilustrasi makan sahur. (Pexels/mentatdgt)
Life

Sering Kesiangan Bangun Sahur? Ikuti 5 Tips Sederhana Ini

Biar nggak kesiangan.

Minggu, 10 Mei 2020 18:45 WIB 10 Mei 2020, 18:45 WIB

INDOZONE.ID - Bagi sebagian orang, bangun dini hari untuk sahur merupakan hal yang sulit dilakukan. Beberapa orang malah bisa melewatkan sahur karena sering kesiangan.

Padahal melewatkan makan sahur tak dianjurkan untuk kesehatan lho. Apalagi kalau kamu lagi berusaha menurunkan berat badan selama menjalankan ibadah puasa.

Namun, kamu gak perlu khawatir. Di bawah ini ada 5 tips yang Indozone lansir dari berbagai sumber, Minggu (10/5/2020), cara sederhana yang bisa kamu lakukan biar gak kesiangan bangun sahur. Simak ulasannya ya.

1. Tidur Lebih Awal

Suka Kesiangan Bangun Sahur? Yuk Ikuti 5 Tips Sederhana Ini!
Ilustrasi tidur lebih awal. (Pexels/Craig Adderley)

Jika ingin bangun sahur tanpa kesiangan, pastikan jam tidur kamu cukup ya. Tidur lebih awal sangat membantu kamu untuk bisa bangun sahur tepat waktu dan tetap segar ketika sahur.

Biasakan diri untuk tidur tidak lewat dari jam 10 malam, sehingga kamu memiliki waktu tidur yang cukup hingga bangun sahur. Hindari juga mengonsumsi makanan berdekatan dengan jam tidur ya.

2. Jangan Minum Kopi

Suka Kesiangan Bangun Sahur? Yuk Ikuti 5 Tips Sederhana Ini!
Ilustrasi minum kopi. (Pexels/Andrea Piacquadio)

Bagi pencinta kopi, mengonsumsi minuman berkafein adalah kegiatan yang tidak bisa dilewatkan. Jika dalam kondisi puasa, usahakan untuk mengurangi konsumsi kopi karena bisa memicu naiknya asam lambung, terutama saat perut kosong.

Namun jika kamu sudah terbiasa mengonsumsi kopi, hindari meminum kopi diatas jam 8 malam ya, agar siklus tidur tidak terganggu.

3. Pasang Alarm dalam Gelas

Suka Kesiangan Bangun Sahur? Yuk Ikuti 5 Tips Sederhana Ini!
Ilustrasi alarm. (Pixabay)

Sudah pasang alarm tapi masih susah bangun juga? Coba cara ini deh. Pasang alarm pada smartphone kamu, lalu masukan smartphone ke dalam gelas kaca. Hal ini bisa membantu suara alarm jauh lebih kencang dari biasanya. Selain itu, suara nyaring dari getaran gelas juga bisa membantu kamu bangun dari tidur.

4. Pilih Lagu yang Bersemangat

Suka Kesiangan Bangun Sahur? Yuk Ikuti 5 Tips Sederhana Ini!
Ilustrasi memilih lagu. (Pexels/Adrianna Calvo)

Memilih nada alarm juga menjadi salah satu faktor pendukung kamu gak kesiangan bangun sahur lho. Pilihlah nada alarm yang bisa membawa suasanya lebih bersemangat atau bisa juga dengan memilih lagu-lagu bergenre keras seperti rock, punk atau metal. Frekuensi yang dihasilkan musik-musik tersebut pastinya bisa membantu kamu bangun dari tidur.

5. Siapkan Handuk Basah

Suka Kesiangan Bangun Sahur? Yuk Ikuti 5 Tips Sederhana Ini!
Ilustrasi handuk basah. (Pexels/Dom J)

Sebelum tidur, sebaiknya kamu menyiapkan handuk basah di samping kasur ya. Handuk ini berguna untuk membasuh wajah agar rasa ngantuk hilang ketika kamu sudah terbangun.

Usahakan juga untuk tidak terlalu lama rebahan ketika kamu sudah terbangun agar tidak kembali terlelap dan akhirnya sahur jadi terlewat.


Itulah 5 tips sederhana yang bisa kamu lakukan biar gak kesiangan bangun sahur. Ada cara lain yang kamu tau?

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Desika Pemita
Yulia Marianti

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US