The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Momen Pilu Lumba-lumba yang Hampiri Nelayan ke Tepi Muara, Seolah-olah Minta Dipulangkan
Kiri: Lumba-lumba yang ditangkap oleh nelayan. (Instagram/@say.viideo)/ Kanan: Ilustrasi lumba-lumba. (Freepik)
Life

Momen Pilu Lumba-lumba yang Hampiri Nelayan ke Tepi Muara, Seolah-olah Minta Dipulangkan

Selasa, 29 November 2022 14:02 WIB 29 November 2022, 14:02 WIB

INDOZONE.ID - Baru-baru ini terekam sebuah video yang memperlihatkan seekor lumba-lumba menghampiri para nelayan di tepi muara. Lumba-lumba tersebut seakan meminta tolong untuk dipulangkan ke asalnya. 

Seperti yang diunggah oleh akun Instagram @say.viideo, yang memperlihatkan seekor lumba-lumba berulang kali menghampiri tepi muara mendatangi para nelayan yang berada di lokasi tersebut. 

Baca Juga: Jadi Penjaga Pangkalan Militer Rusia, Lumba-lumba Ternyata Mampu Deteksi Ranjau Bawah Air

Lumba-lumba  kerap hidup berkoloni dan memiliki tempat hidup di laut lepas. Tak heran jika seekor lumba-lumba hasil tangkapan salah seorang nelayan ini menghampiri para nelayan seakan meminta untuk dipulangkan ke tempat asalnya. 

Berdasarkan keterangan dari akun tersebut, lumba-lumba di video ini diambil dari laut, kemudian ia dilepas di sekitar muara dekat bibir pantai oleh oknum nelayan setempat.

Saat ditelusuri, kejadian ini diduga berlokasi di daerah pesisir Aceh, namun untuk lokasi lengkapnya masih belum bisa diungkap. 

Apakah nelayan melanggar hukum?

Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 77 Tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa, semua jenis lumba-lumba air laut dilindungi. Status konservasi lumba-lumba yang terdapat di Indonesia berdasarkan Lembaga Konservasi Dunia (IUCN).

Sehingga, bagi para nelayan sangat dilarang untuk memindahkan atau bahkan membawa lumba-lumba tidak sesuai dengan alam hidupnya. Apalagi dengan adanya video tersebut, menunjukkan betapa menderitanya lumba-lumba tersebut sehingga ingin minta pulang ke ekosistemnya. 

Warganet yang melihat insiden ini pun langsung memberikan tanggapan mereka akan video tersebut. Banyak warganet yang mengatakan jika tindakan nelayan tersebut sangatlah tidak bisa ditoleransi. 

Baca Juga: Ternyata Begini Cara Berburu Kerang Langka yang Cuma Ada di Madura

"Ibarat orang dia udh betah dirumah yg asli, tiba2 disuruh pindah rumah ntah lingkungan nya nyaman atau tidak... Tapi dia tetap nyaman dengan rumah yg aslinya," kata akun @aldyr598. 

"Itu orang otaknya dmn ya ?? Dikira keren gtu pelihara lumba" di muara begitu ?? Cuma berharap lumba"nya ga dipotong ga dimasak Kya ikan konsumsi hasil tangkapan," kata akun @anaz92. 

"Hrs tanggung jwb dong yg membawanya ikan itu utk apa2nya buat ikan tsbt, jika tdk lihat akibatnya nanti," kata akun @edisonjacques8. 

Artikel Menarik Lainnya: 

TAG
Fahrizal Daulay
Abdul Fattah
JOIN US
JOIN US