The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Pesan Cinta Laura untuk Pembaca Berita Online: Jangan Langsung Percaya, Riset Dulu!
Cinta Laura dalam acara Indozone #Yourvoicematters. (YouTube/Indozone)
Life

Pesan Cinta Laura untuk Pembaca Berita Online: Jangan Langsung Percaya, Riset Dulu!

Sabtu, 11 Juni 2022 18:45 WIB 11 Juni 2022, 18:45 WIB

INDOZONE.ID - Aktris dan penyanyi Cinta Laura memberikan pandangannya perkembangan media di era digital, dalam cara bertajuk 'Your Voice Matters' yang diusung Indozone.id di M Bloc, Jakarta, Sabtu (11/6/2022).

Pada kesempatan itu, Cinta menyampaikan bahwa terhadap para netizen yang kerap berkomentar pedas atau negatif terhadap konten yang kita buat, kita perlu mengubah cara pandang bahwa mereka adalah orang-orang yang patut dikasihi.

"Pikirkan bahwa mereka itu saking sakitnya sampai harus berkomentar begitu," ujarnya.

Terkait pemberitaan media online yang gencar dan masif setiap hari, Cinta berpesan agar kita jangan langsung percaya begitu saja.

"Do research. Harus objektif. Berita online jangan langsung kalian percaya. Kalian cross reference. Karena di sana ada bias subjektif. Be careful when you read the news, agar bisa melihat berita seobjektif mungkin," ujarnya.

Tak Mau Jaga Image

Saat ditanya apakah dirinya memilih menjaga image (jaim) atau menjadi diri sendiri saat tampil ke publik, Cinta mengakui kalau dulu dirinya termasuk orang yang jaim.

Namun, kedewasaan dan ilmu pengetahuan yang ia dapatkan membuat dirinya kini memilih untuk jadi diri sendiri.

"Kita bukan benar-benar manusia kalau kita gak bisa menunjukkan kekurangan kita. Yang terpenting adalah apa yang kita lakukan terhadap kesalahan kita itu. Kita harus bisa berbagi apa yang kita sedang struggling," ujarnya.

Akui Punya Privelege

Cinta, yang kini aktif menyuarakan isu-isu sosial, terutama menyangkut kekerasan seksual dan pendidikan, tak memungkiri bahwa dirinya punya privelege untuk bersuara.

"Dari kecil orangtua aku gak pernah membuat aku terlimitasi. Apapun keinginanku selalu di-support. Dan itu privelege. Sekarang banyak anak muda mengkriminalisasi privelege. Padahal itu gak apa-apa. Apa yang kamu lakukan dengan privelege itu, itu yang penting," katanya.

"Aku ingin setiap perempuan yang ada di sini sadar bahwa kita bisa jadi pemimpin, kita bisa membuat perubahan, dan kita sama kuatnya dengan laki-laki yang ada di sini.

"Kenapa aku gak takut karena apa yang aku lakukan didasari cinta. Tidak pernah ada niat atau keinginan bahwa aku melakukan ini karena ingin mengakimi, menjatuhkan pihak manapun," lanjutnya.

Artikel Menarik Lainnya:


TAG
Abul Muamar
Abul Muamar

Abul Muamar

Editor
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US