4 Tips untuk Hindari Penipuan Online, Nomor 1 Paling Penting!

- Rabu, 22 Juni 2022 | 19:36 WIB
Ilustrasi wanita melakukan transaksi online. (Pexels/Andrea Piacquadio)
Ilustrasi wanita melakukan transaksi online. (Pexels/Andrea Piacquadio)

Dalam beberapa tahun terakhir, khususnya di era pandemi, masyarakat semakin sering berselancar di internet. Tak hanya dipakai untuk berkomuniaksi, banyak yang memanfaatkan internet untuk melakukan berbagai transaksi.

Mulai dari belanja sampai urusan perbankan semuanya dilakukan dengan menggunakan internet. Meski perkembangan teknologi finansial semakin canggih dan memberi kemudahan, namun risiko penipuan online juga semakin meningkat.

Penyedia sistem pembayaran Xendit dalam siaran pers-nya membagikan beberapa tips agar terhindar dari penipuan online. Apa saja?

1. Teliti sebelum mengklik tautan

Perlu dicatat bahwa penipu sering memberi pesan yang memancing rasa penasaran atau membuat kesan mendesak agar targetnya tidak sempat meneliti isi pesan.

Supaya tidak tertipu, pastikan link yang kamu dapatkan bukan berasal dari penipuan. Usahakan untuk tidak terburu-buru mengklik tautan yang masuk ke aplikasi pesanmu.

2. Bayar dengan metode yang aman

Saat bertransaksi dalam jaringan, terutama lewat website, pastikan situs tersebut aman, yaitu menggunakan protokol "https". Biasanya, situs dengan protokol tersebut ditandai dengan gembok.

Jika ingin transfer uang melalui internet banking, cek ulang nama rekening apakah sesuai dengan nama perusahaan yang dituju. Jika ragu, coba verifikasi nomor rekening ke Cekrekening.id, basis data yang mengumpulkan nomor rekening.

3. Waspadai nomor tak dikenal

Waspadai dan selalu pasang 'mode' curiga terhadap nomor tak dikenal yang masuk ke ponsel. Abaikan saja pesan tersebut, atau blokir dan laporkan. Aplikasi seperti WhatsApp, biasanya menggunakan laporan untuk mematikan akun tertentu.

4. Jangan asal bagikan PIN

Jangan pernah memberikan informasi penting seperti detail akun, kata sandi, nomor PIN atau one-time password kepada siapa pun. Perusahaan resmi tidak akan pernah meminta informasi tersebut kepada penggunanya.

Jika mendapat SMS, misalnya, yang memberikan pesan bahwa pengguna menjadi pemenang lomba, pastikan menguhubungi pusat bantuan (call center) atau media sosial resmi lembaga tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Kemnaker Luncurkan Program K3 Nasional 2024-2029

Kamis, 25 April 2024 | 21:56 WIB

3 Ayat Alkitab Tentang Masa Depan

Selasa, 16 April 2024 | 17:00 WIB
X