The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ini Pola Pikir yang Bisa Membangkitkan Semangat Hidup
Ilustrasi semangat hidup (Freepik/Diana Grytsku)
Life

Ini Pola Pikir yang Bisa Membangkitkan Semangat Hidup

Merelakan dan menerima kenyataan.

Rabu, 11 November 2020 20:43 WIB 11 November 2020, 20:43 WIB

INDOZONE.ID - Roda kehidupan akan terus berputar, terkadang kamu akan berada di atas, namun sesekali kamu juga akan berada di bawah. Kamu tak akan bisa menebak apa yang akan terjadi dalam kehidupan ini.

Sehingga, saat berada di level terbawah, tak heran jika kamu merasa kaget dan langsung kehilangan semangat hidup. Saat kamu kehilangan semangat hidup, kamu mungkin akan merasa sendirian.

Apalagi, saat kamu merasa dunia berhenti berputar, orang lain dan lingkungan di sekitarmu masih terlihat baik-baik saja. Jika kamu tak ingin berbagi dengan siapapun, mau tidak mau kamu harus membangkitkan semangat hidupmu sendiri.

Agar bisa membangkitkan semangat hidup, paling tidak kamu perlu mempunyai pola pikir sebagai berikut ini.

1. Kamu selalu punya kesempatan kedua

Kamu harus menyadari bahwa hidup tak selalu berjalan dengan mulus. Hampir setiap orang di dunia ini pasti pernah merasakan kegagalan atau penyesalan. Kamu boleh saja merasa kecewa, tapi kamu harus segera bangkit dan memanfaatkan kesempatan kedua.

2. Ingat setiap perjuangan yang sudah pernah kamu lakukan

Coba ingat kembali perjuangan yang sudah dilakukan oleh dirimu dan orang lain disekitarmu selama ini. Kamu bisa sampai di titik ini berkat usaha yang sudah pernah kamu lakukan.

Kamu mungkin sudah berulang kali kehilangan semangat hidup, namun kamu bisa melalui hal tersebut dengan baik dan mencoba untuk semangat lagi.

semangat hidup,
Ilustrasi semangat hidup (freepik/cookie_studio)

3. Coba untuk merelakan dan menerima kenyataan

Semangat hidup bisa hilang saat kita kehilangan sesuatu yang berharga, seperti kehilangan orang yang dicintai, teman, ataupun pekerjaan. Hidup akan terus berjalan dan kamu mungkin akan kehilangan sesuatu dalam hidupmu. Namun, kamu harus percaya bahwa kelak kamu akan mendapatkan pengganti yang lebih baik.

4. Jangan terlalu berharap

Jangan terlalu berharap, sebab ketika harapanmu tak sesuai dengan kenyataan, kamu akan merasa sangat kecewa. Kamu boleh membuat target pencapaian dalam hidup, tapi kamu harus menikmati setiap prosesnya agar tidak bergantung pada hasil akhir. 

5. Hindari menceritakan masalah di sosial media

Saat sedang kehilangan semangat hidup, terkadang kita membutuhkan orang lain. Kamu boleh bercerita dengan orang-orang kepercayaanmu untuk mendapatkan dukungan. Namun, jangan coba untuk mencari perhatian dari orang lain secara umum, apalagi melalui media sosial.

Jika kamu mencari perhatian dari dunia maya, kamu akan mendapatkan banyak komentar yang mungkin akan membuatmu lebih bersemangat, tapi juga bisa membuatmu semakin terpuruk. 

Artikel Menarik Lainnya: 

TAG
Fiddy Anggriawan
Dita Rana
Dita Rana

Dita Rana

Community Writer
JOIN US
JOIN US