Cara Bikin Bisnis Stabil saat Kerja dari Rumah
Ilustrasi kerja dari rumah. (Andrea Piacquadio)
Life

Cara Bikin Bisnis Stabil saat Kerja dari Rumah

Simak tipsnya.

Sabtu, 21 Maret 2020 16:01 WIB 21 Maret 2020, 16:01 WIB

INDOZONE.ID - Kamu memiliki usaha bisnis yang biasa berhadapan langsung dengan pelanggan? Kalau iya, tentu saja sistem Work From Home (WFH) yang diterapkan karena virus corona ini cukup mengganggu untuk bisnismu.

Tapi kamu tidak perlu takut berlebihan, karena dengan bantuan teknologi, kamu tetap bisa menjalankan bisnis dari rumah. Dikutip dari platform bisnis Paper.id, ini  kiat-kiatnya untuk kamu.

1. Terapkan Komunikasi yang Intens dengan Pelanggan

Cara Bikin Bisnis Stabil saat Kerja dari Rumah
Ilustrasi berkomunikasi dengan pelanggan. (Pexels/Anna Shvets)

Komunikasi adalah kunci penting bagi pelaku usaha untuk memahami keinginan pelanggan. Menjangkau mereka pun kini lebih mudah karena bisa dilakukan dengan bantuan teknologi.

Kamu bisa memanfaatkan aplikasi dan software yang tersedia, mulai dari voice call hingga video call untuk terhubung dengan pelanggan. Dengan cara ini, kamu pun tidak perlu bertatap muka langsung dengan mereka, sekaligus mendukung social distancing.

2. Manfaatkan Media Sosial

Cara Bikin Bisnis Stabil saat Kerja dari Rumah
Ragam media sosial yang bisa dimanfaatkan untuk bisnis. (Pexels/Tracy Le Blanc)

Jangan lupa untuk melibatkan media sosial pada bisnismu. Keberadaan media sosial sangat bermanfaat bagi kelanjutan bisnismu saat harus bekerja dari rumah.
 
Dengan media sosial, para pelaku usaha kecil bisa tetap memasarkan usaha mereka tanpa perlu keluar rumah. Dengan biaya yang terjangkau serta daya jangkau yang sangat besar, bisnis tetap bisa dikelola dan dipasarkan dengan baik. Pastikan membuat konten yang menarik agar bisnismu cepat naik daun.

 3. Digitalisasi Bisnis

Cara Bikin Bisnis Stabil saat Kerja dari Rumah
Ilustrasi mengelola bisnis dari rumah. (Pexels/Kaboompics.com)

 Era digital menghadirkan kemudahan bagi para pelaku usaha untuk mengelola usaha. Digitalisasi bisnis menjadi pilihan penting untuk meningkatkan performa bisnis sekaligus mengembangkan bisnis kamu.

Manfaat digitalisasi bisnis adalah meringkas proses pekerjaan sehingga lebih hemat waktu dan efisien. Dengan begitu, pemilik usaha dapat menghemat waktu dan menggunakannya untuk hal yang lebih penting.

Ilustrasi
Ilustrasi (freepik)

Kemudian, pelaku usaha dapat meminimalisir kesalahan dalam pekerjaan dengan menggunakan software bisnis. Dengan begitu, kualitas pekerjaan terjaga dan membantu kita dalam mengambil keputusan yang baik bagi perusahaan.
 
Terakhir, kemajuan teknologi mempermudah pengelolaan dalam banyak hal, salah satunya adalah pembuatan invoice yang bisa dikirim lewat email atau aplikasi pengiriman pesan lainnya. Meski terkesan simpel, invoice merupakan salah satu elemen dalam bisnis yang memiliki intensitas penggunaan sangat tinggi.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Desika Pemita
Utami Evi Riyani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU