The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Membuat Daftar Prioritas Pengeluaran Dapat Bantu Atasi Lapar Mata
Ilustrasi mengatur keuangan. (Pexels/Acharaporn Kamornboonyarush)
Life

Membuat Daftar Prioritas Pengeluaran Dapat Bantu Atasi Lapar Mata

Biar gak keteteran!

Senin, 21 September 2020 16:25 WIB 21 September 2020, 16:25 WIB

INDOZONE.ID - Pernahkah kamu mendengar istilah 'lapar mata'? Istilah ini umumnya dipakai kala seseorang selalu tergiur untuk membeli barang-barang yang menarik dan diidamkan, namun sebenarnya ia tak benar-benar membutuhkannya. Lapar mata dapat menimbulkan kerugian finansial jika kamu tak bijak dalam menyikapinya.

Misalnya saja, saat kamu baru saja menerima gaji dari hasil kerjamu sebulan penuh, kemudian kamu memiliki beberapa kewajiban tagihan yang perlu dibayar ataupun kebutuhan penting lainnya, namun disaat bersamaan kamu menginginkan sebuah barang yang diidamkan, maka kamu pun akan pusing dibuatnya.

Jika kamu membayar tagihanmu terlebih dahulu, maka barang yang kamu inginkan akan habis terjual. Sementara jika kamu membeli barang tersebut, kamu akan terkena denda karena telat membayar tagihanmu.

Daripada kamu terus-menerus merasa terbebani oleh kebiasaan lapar matamu itu, ada baiknya kamu mengatasinya dengan cara membuat daftar prioritas bulanan. Tentukan mana saja yang menjadi kebutuhan atau prioritasmu. Lalu mana saja yang hanya berupa keinginan semata.

Jika kamu bisa tertib mengaturnya, maka kamu tak akan pusing dibuatnya. Dahulukanlah kebutuhan-kebutuhan yang ada pada daftar prioritasmu. Dan kesampingkan keinginanmu yang bersifat semu.

Selain dapat menghemat anggaran, kamu pun tak akan kalang kabut menghadapi hal-hal tak terduga nantinya. Kemudian, kamu juga bisa menabung sebagian gajimu tersebut. Dengan begitu, kamu tak lagi mengalami kerugian finansial seperti bulan-bulan sebelumnya.

Jadi, jangan malas untuk memulai hal baik tersebut! Sebab ini semua demi kebaikanmu. Dan tentu saja hal ini dapat melatihmu untuk bersikap hemat dengan cara membelanjakan uang sesuai kebutuhanmu.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Yulia Marianti
Dita Rana
Edi Hidayat

Edi Hidayat

Editor
Dita Rana

Dita Rana

Community Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US