The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Cara Menjadi Orang yang Pandai Berbicara untuk Kamu Si Introvert
Ilustrasi dua wanita sedang mengobrol. (Pexels/Anastasiya Gepp)
Life

Cara Menjadi Orang yang Pandai Berbicara untuk Kamu Si Introvert

Ada triknya.

Minggu, 03 Juli 2022 14:55 WIB 03 Juli 2022, 14:55 WIB

INDOZONE.ID - Untuk sebagian orang pemalu dan introvert, berbicara di depan umum atau memulai basa-basi dengan orang baru bukan hal yang mudah. Banyak di antara mereka yang kesulitan untuk memilih topik pembicaraan.

Ada beberapa trik atau cara untuk kamu si introvert agar pandai berbicara. Menurut konten kreator TikTok Vina Muliana membagikan trik bagaimana berbicara dengan orang baru agar obrolan lebih berkesan.

Agar obrolan jadi lebih menyenangkan, kaamu si introvert bisa memakai teknik "Form". Yuk, simak penjelasan lengkap mengenai teknik form!

Baca juga: Butuh Skill Public Speaking yang Baik untuk Sadarkan Warga soal Kebersihan Lingkungan

@vmuliana

Reply to @alifahrjn "kaa aku pemalu / introvert orangnya, susah buat ngomong apalagi public speaking" ???? tenang bestie, bisa pake cara ini.. #tipskerjavina #serunyabelajar

? DINDA - Keroncongin ????

1. Family & friends

Kamu bisa mengangkat topik tentang keluarga atau teman dan cerita sedikit juga tentang hal tersebut dari perspektif kamu. Kamu bisa menanyakan asal atau tempat tinggal lawan bicara kamu.

Dari pertanyaan tersebut, kamu bisa membangun percakapan jadi lebih banyak dan menyenangkan.

2. Occupation

Topik tentang pekerjaan/kegiatan sehari-hari juga bisa jadi topik yang menarik untuk perbincangan pertama. Kamu bisa menanyakan hal yang menarik dari pekerjaan lawan bicara sehari-hari.

Dengan topik tersebut, kamu dan lawan bicara mungkin bisa saling berdiskusi atau saling tukar pikiran.

3. Recreation

Kamu bisa mengangkat topik tentang kesukaan atau hobi untuk mencairkan suasana. Bila ternyata kamu memiliki hobi yang sama dengannya, itu akan menjadi lebih baik.

Tanyakan seputar bagaimana awalnya ia menyukai hobi tersebut. Dengan begitu, pembicaraan pun terasa jadi tidak membosankan.

4. Motivation

Ajukan pertanyaan terkait motivasi atau rencana jangka panjang. Dengan pembahasan ini, kamu dan lawan bicara bisa saling sharing dan memberi informasi.

Jadikan pembahasan tidak hanya menyenangkan, tapi berbobot dan informatif. Dengan begitu, kamu akan menciptakan kesan yang menyenangkan untuk lawan bicaramu.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Dina
Abul Muamar

Abul Muamar

Editor
Dina

Dina

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US